Jumat, 03 Juni 2011

Periksa Kehamilan Lagi

Setelah dua minggu lalu saya periksa kehamilan untuk yang pertama kalinya ke dokter kandungan, insya Allah besok mau ke rumah sakit lagi. Periksa kehamilan untuk yang kedua kalinya. Mbak ipar saya yang berprofesi sebagai bidan sempet heran kok cepet banget periksanya. Baru dua minggu periksa kok udah disuruh periksa lagi. Tapi, ya gimana lagi, wong kata dokter saya, dua minggu setelah periksa yang pertama, saya diminta untuk periksa lagi. Kata dokternya sih besok kandungan saya mau dicek lagi perkembangan kehamilannya gimana. Oke deh, dokter ... besok saya ke rumah sakit.

Selama dua minggu sejak saya dinyatakan positif hamil, hmmm ... rasanya nano-nano. Rameeee banget deh rasanya. Ada senengnya, karena akhirnya ada janin yang tumbuh di rahim saya. Tapi juga kadang sedih, soalnya mual-mualnya yang bener-bener nggak mau hilang. Selama 24 jam mual-mual terus. Bahkan kadang-kadang tidur malem aja mualnya kerasa banget. Dan efeknya, pagi-pagi pas bangun tidur, olalaaaaa ... mual kali perut awak ini??

Selama saya hamil, saya nggak pernah masak. Nggak nyentuh dapur. Kalau ke dapur cuma kalau ngambil air minum, cemilan, atau ngambil buah-buahan yang bikin saya ngiler. Ada juga sih sebenarnya aktivitas memasak di dapur saya, tapi suami saya yang masak. Kadang nanak nasi, kadang nggoreng-nggoreng telur, kadang juga bikin mi goreng atau mi kuah. Tapi, makanan-makanan itu bukan buat saya. Soalnya, sejak saya hamil, nafsu makan saya berkurang drastis. Ditambah lagi, saya moody banget soal makanan. Ehm ... tapi, makanan yang dimasak suami saya itu ya buat suami saya sendiri. Wkwkwkwk ... kasihaaaaan. Bener-bener kayak lagunya Caca Handika banget. Masak ... masak sendiri, makan ... makan sendiri. Huhuhuhu ... kasihannya suamiku.

Sebenernya saya pengen banget masak. Tapi, apalah daya, saya langsung merasa mual dan muneg-muneg sampai ubun-ubun kalau udah bau bumbu-bumbu, bau asap kepul-kepul nasi panas yang keluar dari majic jar. Kepala langsung peniiiiiiing. Kayaknya kepala saya itu menjalin konspirasi yang solid dengan perut saya biar saya nggak masak. Padahal dalam kepala saya udah terencana dengan apiknya (jiaaaaahhh) menu-menu masakan apa aja yang pengen saya masak. Ada oseng pepaya dicampur tahu, terong balado, telur goreng balado, sayur santan tempe tahu rambak, sayur bayam bening, sayur sop makaroni, sambel tomat, sambel terasi, tempe goreng bumbu bawang, tahu goreng, ikan kakap bumbu asam ala saya (hihihi ...), tumis kangkung. Oooh ... ada lagi. Bubur kacang ijo, bubur mutiara, agar-agar. Hmmmm ... pengen ... pengen ... pengen. 

Kata ibu saya pas pertama kali saya kasih tahu kalau saya hamil, ibu saya bilang ”Mugo-mugo ora ngidam, yo? Aku mbiyen ora ono sejarahe ngidam nganggo muntah-muntah. Tak dongak-dongakke, mugo-mugo kowe turun aku.” Tapi ya begitulah, ternyata saya tetap mengalami mual! Pas kemarin sore untuk kesekian kalinya saya bilang pada ibu saya lewat telepon, ibu saya ketawa. Ibu saya bilang, ”Lha nek kowe ngidam karo nganggo mual-mual barang ngono kuwi, gek kiro-kiro ... kowe kuwi turun sopo? Sing jelas dudu turun aku!” Hiyaaaaaa ... ibu! Lha nggak tahu. Wong ya begini ya ... saya ini kan anaknya ibu saya. Ya pastinya turunnya pasti dari ibu saya kan? Eeee ... malah ibu saya nanya. Hmmm ... calon mbah putri yang aneh! Hihihi ... ^_^

Yaaah ... semoga mual-mual ini nggak lama ya? Tersemangati kata teman-teman yang sudah duluan hamil bahwa mual-mual ini nggak akan lama. Palingan cuma trimester pertama aja (meskipun ada juga ibu hamil yang sampai lama mual-mualnya). Katanya, nanti kalau mual-mualnya udah hilang atau udah melahirkan, saya bakal merindukan saat-saat seperti ini. Hmmm ... baiklah. Mari terus menikmatinya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar