Senin, 29 September 2014

Gadis Kecilku Suka Permen Davos?


Saya penggemar permen Davos. Tahu kaaann? Itu lho permen jadul banget. Sayang, foto permen Davos jepretan saya ada di tempat lain. Tapi bisa gugling kok lihat-lihat si permen Davos ini. Hehehe... Zaman saya masih kecil, Davos itu permennya simbah-simbah. Hehehe... Gara-gara banyak simbah-simbah suka sama permen itu. Wkwkwk... Ibu saya dulu waktu saya masih kecil juga suka banget sama permen Davos. Di lemari kecil tempat nyimpan obat-obatan di rumah saya, Ibu suka nyimpen permen di situ juga. Kadang saya suka ngambil sebiji, saya emut-emut. Wiiikkk ... rasanya pedes, waktu itu (menurut saya). Belum juga habis separuh udah saya buang permennya. Nggak kuat sama pedesnya.

Nah, setelah sekian lama (jiaaaahhh, berapa abad emangnya?? ^_^) saya nggak nemu Davos, pas ke rumah mertua saat Aufa umur 1,5 tahunan tiba-tiba aja suami saya nunjukin permen Davos ke saya. “Suka nggak? Permen jadul nih,” kata suami saya waktu itu. Saya langsung hebring dong dikasih permen Davos. Secara saya udah lama banget nggak lihat permen itu. Hihihi... Hmmm, rasanya masih seperti dulu permennya. Cuma ya di lidah saya memang udah nggak sepedes waktu saya masih kecil. Ini pedesnya udah biasa aja, sopanlah di mulut dan lidah saya. Hehehe...

Cuma sejak ganti ukuran permen dari 25 gram ke 22 gram, rasanya agak lain. Enakan pas masih 25 gram daripada yang 22 gram. Kata suami saya juga gitu, enakan waktu masih 25 gram. Yang 22 gram lebih keras dan saat di mulut ada aroma agak lain dibanding dengan yang 25 gram. Sekarang kalau saya beli Davos di swalayan di deket rumah saya, saya suka maksa nyari yang 25 gram. Kali aja masih diproduksi. Tapi kayaknya sih emang udah ganti ya? Udah nggak ada yang 25 gram walaupun satu rak permen Davos di swalayan itu saya oprek-oprek. Saya tetep nggak nemu yang 25 gram.

Sejak saat itu, saya jadi ketagihan sama permen Davos itu. Sering banget beli. Awalnya beli sebungkus dua bungkus. Lama-lama beli sebungkus besar yang isinya ada 10 bungkus itu. Saking sukanya, gitu ceritanya. Nggak langsung habislah permennya. Habisnya sampai berhari-hari. Tapi tiap hari pasti makan walau dua atau tiga biji. Pernah pas maruk, sehari saya makan sebungkus isi 10 biji lho. ^_^ *plakkk

Tahan, tahaaaann. Biarpun suka, tetep harus ada kontrol diri. Makan permen ya sewajarnya. Cukup kalau mulut berasa asem, berasa kering aja. Selain itu, stop. Nggak mau keterusan makan permen tanpa ukuran.

Nah, karena saya sering makan permen Davos itu (termasuk di depannya Aufa), gadis kecil saya itu jadi tahu kalau saya makan permen. Awalnya dia nanya, “Itu apa?” Saya jawab, “Ini namanya permen. Permennya pedes. Bukan buat anak kecil.” Dia juga hafal dengan bungkus biru dongker bertuliskan Davos itu sebagai permen. “Pilmin pedes,” kata Aufa. Wkwkwk...

Karena sering ngelihat saya ngemut permen itu, Aufa jadi hafal (dan mungkin penasaran juga sama rasanya kayak gimana). Dan jadilah dia minta “Pilmin, pilmin. Minta pilmin.” Saya nggak kasih, dia masih kecil soalnya. Lama-lama saya iseng, saya kasih dia ngejilat permen Davos. Dan reaksinya, dia bilang “Pedeeess.” Tapi lucunya, dia minta lagi (tapi nggak saya kasih). Beberapa waktu setelah itu setelah dia kenal dengan permen Davos, dia minta pegang dan emut sendiri permen Davosnya. Nggak saya kasih. Tapi, lama-lama ya udahlah kasih aja. Awal-awal dulu dia cuma habis setengah, trus dibuang.  Pedes, katanya. Sekarang dia bisa ngabisin sebiji permen Davos itu biarpun pedes.

Haduuuhhh, cukup deeeeeh. Cukuuup. Masih kecil udah doyan permen Davos. Saya ngerasa salah juga jadinya, meskipun bisa dihitung dengan jari satu tangan berapa kali dia makan permen Davos. Awalnya saya yang iseng, eeehhh ternyata yang diisengi malah suka.

Maaf ya Kakak Aufaaaaa. ^_^

1 komentar: