Senin, 02 Januari 2012

37 Weeks : Jari-Jari Tanganku Sering Kesemutan


Wallaaaa!!! Tahun 2012 euy! Tahun yang baru, semangat baru, rencana-rencana baru, target-target baru, dan yang baru-baru lainnya. ^_^ Di awal bulan Januari tahun 2012 ini, apa aja nih yang udah dilakukan? Maksudnya, udah ngapain aja? Kumpul-kumpul bareng keluarga, trus piknik bareng? Atau makan-makan bareng keluarga? Atau malah molor seharian? Hihihi …
Kalau saya, di awal tahun ini, saya kembali cek kandungan saya yang udah berusia 37 weeks. Tepatnya hari Senin tanggal 2 Januari sih cek kandungannya. Nggak pas tanggal satunya. Kan itu hari Minggu, libur. Hihihi … Seperti pesan dokter kandungan saya waktu cek kandungan seminggu sebelumnya, saya diminta balik lagi ke sana satu minggu kemudian. Karena udah deket HPL, cek kandungannya jadi lebih intens. Satu minggu sekali mesti dicek gimana kondisi janin dan kandungan secara umum. Jadilah, saya kembali cek kandungan.
Hmmm … 37 weeks! Udah hamil tua. Wiii … lucunya pas kakak di dalem perut lewat monitor USG. Gerak-gerak gitu. Kepalanya alhamdulillah tetep di bawah, sama kayak pas periksa di minggu ke-36 kemarin. Berat badannya udah 2.700 gram lebih dikit. Alhamdulillah, naik satu ons dibanding pas periksa di minggu ke-36. Perutnya juga makin endut. Senengnyaaaa … :-) Sehat terus ya, Nak, di dalam perut ibu?
Kalau pas periksa di minggu ke-36 kemarin, ari-ari saya mulai bolong-bolong, pas periksa di minggu ke-37, bolong-bolongnya nambah dikit. Alhamdulillah masih aman. Jadi, nggak bikin janin saya kenapa-kenapa. Kemarin, dokter kandungan saya juga mengecek jalan lahir, apakah kepala bayinya udah mulai turun atau belum. Kata dokter, alhamdulillah udah turun dikit. Dokter juga bilang, di minggu ke-37 ini, janin saya udah aman kalau lahir. Soalnya, batas aman untuk lahir (3 minggu sebelum HPL), udah terlewati. Jadi, setelah usia 37 minggu, kapanpun janin mau lahir, udah siap dan aman. Dokter berharap agar di minggu-minggu ini, janin saya udah lahir. Saya dan suami juga berharap gitu. Kalau minggu ini belum lahir, minggu depan pas usia kehamilan 38 weeks, saya diminta cek kandungan lagi.
Yang bikin rada shock adalah pas saya nimbang badan. Weewww … naik 2 kg dalam seminggu, bo’! Sekarang, berat badan saya jadi 74 kg! Weewww … itu artinya, berat badan saya naik 19 kg dibandingkan dengan sebelum saya hamil. Ya Allah … banyak amat yaks naiknya? Ntar nuruninnya gimana nih? Hiks … hiks … hiks … Perasaan, dalam seminggu terakhir sejak pulang dari periksa seminggu yang lalu, saya udah nekan-nekan napsu makan saya deh. Udah saya jaga bener-bener biar saya nggak makan apapun yang ada di meja atau yang pengin saya makan. Tapi, kok ternyata berat badan saya tetep naik drastis yaaaaa?? Aaaarrrggghhh!! Tapi, yaaaa sudahlah. :-(
Selama saya hamil, tensi saya normal yang cenderung agak rendah. Sejak awal sebelum hamil pun, tensi saya juga termasuk rendah. Berkisar antara 90/60 sampai 110/80. Selama hamil ini, tensi saya juga masih berkisar segitu-segitu aja. Tensi paling tinggi adalah pas periksa di minggu ke-36. Waktu itu, tensi saya 120/80. Itu masih normal juga. Trus, pas periksa terakhir kemarin di minggu ke-37, tensi saya malah turun jadi 100/70.
Sejak usia kandungan saya 35 weeks, entah kenapa, jari-jari di kedua tangan saya sering banget kesemutan. Kalau pas nyetir motor, jari-jari saya (terutama yang tangan kanan) juga gampang kesemutan. Hmm … apa mungkin karena tangan kanan dipakai buat muter-muter gas sepeda motor ya? Dan sejak seminggu terakhir, jari-jari di kedua tangan saya lebih gampang lagi kesemutan. Nggak ngapa-ngapain aja kesemutan. Dipakai buat ngetik SMS, kesemutan. Dipakai buat ngetik di komputer juga kesemutan. Saya belum nemu penyebab kenapa bisa gampang kesemutan gini. Apa mungkin ini adalah efek dari kehamilan saya yang makin menua ya?
Hmm … semoga nggak apa-apa dan nggak kenapa-kenapa. Kalau memang kesemutannya karena efek kehamilan yang makin menua, moga-moga ntar kalau babynya udah lahir, kesemutannya akan hilang dengan sendirinya. Aamiin …


Tidak ada komentar:

Posting Komentar