Kamis, 29 November 2012

Aufa Kenapa Ya?



Aufa sedang sakit. Badannya hangat. Sepertinya mau flu, soalnya ada ingus bening keluar dari lubang hidung kanannya. Sediiiih sekali rasanya. Semalaman rewel minta ampun. Nggak mau bobok di kasur, maunya bobok sambil digendong. Kalau udah merem, baru bisa diajak duduk, dipangku. Maunya begitu terus boboknya. Kalau ditaruh dikasur, langsung melek.

Kemarin sore, sekitar jam setengah 6 petang, seperti biasanya Aufa udah minta bobok. Saya keloni dia sambil nenen bobokan. Aufa merem pas nenen itu, sampai sekitar jam 6 lebih 15 menitan. Tapiiii habis itu dia melek lagi, dan merengek-rengek. Haduuuh … saya jadi ribet sendiri. Soalnya, suami seperti biasanya sedang bekerja. Sementara saya belum mandi, juga belum Shalat Magrib. Mesti gimana saya? Mana Aufa jadi rewel begitu. Akhirnya, saya gendong dia. Tapi, itu ternyata nggak bikin Aufa jadi tenang. Saat saya ajak ke ruang tengah, dia malah jadi ketawa lebar setelah melihat lampu di ruangan itu. Ah, kalau begitu, saya taruh aja dia di kasur di depan tivi. Saya kasih remote yang jadi favorit dia buat dipukul-pukul. Dan saya pun ngacir mandi. Tapi, pas saya mau shalat, Aufa mulai rewel lagi. Jadilah saya shalat di ruang tengah, di dekat Aufa. Melihat saya ada di situ, Aufa jadi menggelendot saya yang sedang shalat sambil terus merengek-rengek. Hmm … baiklaaah. Yuk, ikut Ummi shalat aja, Nak.

Ohya, sebelumnya, pas sebelum Aufa ngajak bobok, saya melihat paha Aufa merah-merah melebar di pahanya. Nggak cuma di situ, tapi di leher kiri dan telinga kiri juga. Bahkan telinga kirinya jadi sasaran garukan tangannya terus. Setelah saya lihat-lihat lagi, ternyata merah-merah itu juga ada di tangan kanan maupun kirinya. Juga di betis kedua kakinya dan di dekat jari-jari kakinya. Juga di kedua pipinya. Tak cuma merah-merah, tapi juga bentol-bentol. Lhoh, ini kenapa? Pikiran saya langsung teringat saya sendiri yang suka bentol-bentol begitu kalau pas kedinginan. Soalnya saya ada alergi dingin.

Tapi, selama ini Aufa nggak pernah bentol-bentol atau merah-merah biarpun udara sedang dingin. Baru kali ini Aufa merah-merah dan bentol-bentol gitu. Trus, ini kenapa? Apa gatel-gatel digigit semut? Soalnya, di rumah saya lagi banyak semut. Rumah-rumah lain di perumahan saya juga begitu, banyak semut. Tapi kok bentol-bentolnya lebar-lebar kalau karena digigit semut? Tadi pagi pas Aufa habis mandi pun juga di tangan kanannya ada bentol-bentol lagi. Ini Aufa kenapa? Alergi? Alergi apaan? Karena kami nggak ngasih makanan atau minuman baru ke dia. Maemnya seperti biasanya, dan minumnya ASI perah seperti biasanya juga. Atau digigit semut? Atau kenapa?

Habis saya Shalat Magrib kemarin petang, saya gendong Aufa sambil saya neneni. Dia ogah. Masih terus merengek-rengek. Saya gendong lagi, dia berontak nangis-nangis. Saya bopong dengan posisi dia berdiri nempel di badan saya, dia juga berontak nangis-nangis. Saya gendong pakai gendongan, tetep sama. Saya taruh di kasur depan tivi, tambah nangis kejer. Saya gendong lagi, masih tetep nangis. Saya kasih ASI dalam dot, nggak mau. Saya baringkan di kasur di dalam kamar, tambah kejer lagi nangisnya. Ya Allah … ini Aufa kenapa? Apa-apa nggak kepeneran buat dia.

Aufa nangiiiiis aja terus begitu biarpun semua hal udah saya coba. Dan sedihnya saya, saya sendirian di rumah. Mana HP saya lagi eror. Adanya HP punya suami yang satu ditinggal di rumah. Mana itu HP nggak ada pulsanya. Eeeh, kok ya suami nggak SMS juga, telepon apalagi. Blas nggak ada kasih kabar atau nanya kabar rumah. Komplitlah kesedihan saya. Dan akhirnya, ikut nangislah saya bareng Aufa. Nangis berdua judulnya. Huhuhuhuhuuuu ….

Aufa nangis-nangis begitu sampai hampir jam setengah 10 malem. Sekitar jam itu, dia mulai merem. Mungkin dia udah kecapekan nangis plus ngantuk. Dan sampai jam segitu, saya terus menggendong dia dengan kedua tangan saya, karena Aufa ogah digendong pakai gendongan atau kain jarik. Sekitar 15 menit setelah Aufa merem, saya taruh di kasur depan tivi. Saya langsung ikutan rebahan di sampingnya, meluruskan tulang-tulang punggung. Sekitar 10 menit kemudian, suami saya pulang. Dan pas suami pulang, Aufa bangun. Nangis-nangis lagi minta gendong, pakai berontak-berontak. Begitu udah merem, trus ditaruh di kasur di kamar, bangun lagi dia. Begituuuu terus. Sampai akhirnya jam setengah 1 malem karena saya dan suami sama-sama udah ngantuk berat, Aufa ditaruh dikasur. Entah nanti gimana, apakah bangun seperti yang udah-udah atau enggak. Alhamdulillah nggak bangun. Saya pun kemudian nyusul tidur. Suami juga begitu.

Tapiiii jam setengah 2 lebih, Aufa bangun. Rewel nangis lagi. Saya bopong sambil nenen. Setelah merem, saya ajak duduk, saya pangku sambil saya duduk tertidur-tidur. Jam setengah 3 dinihari, saya taruh kasur. Ya Allah, bangun lagi dan balik nangis-nangis lagi. Akhirnya suami saya bangun. Dia menggantikan menggendong Aufa. Saya yang masih pusing-pusing setelah Rabu kemarin baru aja agak sembuh dari sakit, langsung memilih rebahan. Merem. Nggak kuat nahan pusing dan kantuk. Jam 3 lebih, saya bangun karena mendengar tangisan Aufa. Rupanya suami berniat menaruh Aufa di kasur, tapi lagi-lagi bangun. Saya neneni Aufa sambil rebahan karena saya betul-betul sangat mengantuk. Alhamdulillah Aufa mau. Tapi, ternyata cuma bertahan 30 menit. Setelah itu, Aufa bangun lagi. Suami saya yang kemudian menggendong lagi. Duuuh … maafkan aku suamiku.

Tak lama kemudian, Aufa ditaruh lagi, Alhamdulillah nggak bangun. Tapi, sekitar 15 menit kemudian dia bangun lagi. Saya neneni sambil tiduran, dia mau. Alhamdulillah. Dia pun merem lagi. Sekitar jam setengah 5, dia bangun lagi nangis-nangis. Saya dan suami yang masih terkantuk-kantuk, membiarkan Aufa guling-guling di kasur. Kadang dia mau saya rengkuh dalam pelukan saya buat nenen. Tapi, kadang dia ogah. Oleh suami, Aufa dipuk-puk. Hampir jam 5 pagi, saya dan suami baru bangun dengan mata yang masih mengantuk.

Setelah kami bangun, dia masih merengek-rengek minta gendong. Dia blas nggak mau turun, nggak mau main sendiri. Padahal biasanya dia mau main sendiri, sementara kami berdua sibuk ngurus ini itu. Ya Allah, sembuhkanlah Aufa. Jagalah selalu Aufa dalam kesehatan dan kebaikan. Aamiin ya rabbal’alamiin ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar