Minggu, 22 Juli 2012

Yuk, Puasa Meskipun Menyusui (Eksklusif)!


Tak terasa, ini sudah hari keempat puasa Ramadhan. Saya yang sejak lama memang memutuskan untuk ikut berpuasa, alhamdulillah terlaksana juga hingga hari ini. Moga-moga sampai nanti Ramadhan usai, saya bisa menyelesaikannya juga dengan lancar dan mudah.

Di awal, saya sebenernya sempat khawatir. Takut kalau produksi ASI saya berkurang banyak. Khawatir juga kalau lemes dan gemeteran. Soalnya setelah sharing sama ibu-ibu yang pernah mengalami menyusui saat puasa, umumnya bilang lemes banget di hari-hari awal Ramadhan. Tapi alhamdulillah, saya nggak merasakan lemes dan gemeteran. Kalau lemes, hari pertama sempet saya rasakan. Perut juga agak kruwes-kruwes rasanya. Tapi lemesnya hanya lemes biasa seperti dulu saat saya puasa dalam kondisi tidak hamil maupun menyusui. Hari kedua puasa, tubuh sudah mulai beradaptasi. Nggak lemes lagi. Hari ketiga juga biasa.

Rasa haus yang seringkali melanda saat saya puasa dulu sebelum hamil, kali ini relatif lebih ringan. Saya tak sampai merasakan rasa dahaga yang luar biasa. Hingga bedug Maghrib terdengar, saya masih kuat. Malah suami sayang yang lemes. Hehehe ….

Saya juga tetap enak aja beraktivitas di rumah. Nyuci manual kucek-kucek baju, nyapu, masak, belanja ke pasar. Alhamdulillah capeknya terhitung biasa seperti waktu nggak hamil atau nggak menyusui. Bener-bener nikmat luar biasa dari Allah nih. Menyusui oke, puasa juga oke. Bisa beribadah dua-duanya. :-)

Nah, kalau soal kuantitas ASI, ini nih yang saya rasakan lain. Selama 3 hari puasa, sepertinya kuantitas ASInya berkurang. Hasil perahnya berkurang sekitar 50 ml. Hisapan dari Aufa langsung pun juga sepertinya berkurang, meskipun nggak drastis. Karena saya dan suami merasa Aufa kurang puas menyusu –ditambah lagi saat ini Aufa lagi bingung puting karena penggunaan dot-, saya berikan ASI perah buat tambahan. Huhuhu … stok ASI perahnya diambil antara 100 ml sampai 200 ml setiap harinya buat dikasih ke Aufa.  Aaah … tak apalah. Toh, ASI perah kan juga buat dikasih ke Aufa lagi. #menghibur diri sendiri#

Hmm … soal bingung puting, semingguan ini saya dan suami baru merasakan. Aufa cenderung mau nenen kalau kondisi payudara penuh atau lumayan penuh. Tapi kalau payudara sudah nggak penuh, dia ogah. Dia main caplok-lepas-caplok-lepas. Begituuuu terus. Kadang sambil ngomel-ngomel ala Aufa. Hari Sabtu kemarin, saya dan suami akhirnya mencoba merealisasikan memberikan ASI perah memakai sendok. Hasilnya, Aufa mau. Meskipun yaaaah … ndlewer-ndlewer. Selain itu, Aufa terlihat kurang puas. Mungkin ini karena selama ini, saat saya tinggal kerja, Aufa dikasih ASI perah memakai dot.

Suami kemudian membelikan botol yang ada sendoknya –buat pemberian puree saat MPASI itu-. Saya coba pakai itu buat ngasih ASI perah. Hasilnya, Aufa malah kesedak. Huhuhu … Harus sabaaaaaar. 

Semoga ini pertanda saatnya Aufa betul-betul minum ASI perah pakai sendok. Kemarin sempat saya minumi pakai gelas juga, tapi dia kesedak. Nggak tega jadinya. Pertanda juga buat saya dan suami buat sabaaaar. Pertanda meninggalkan dot dan beralih ke sendok  (atau gelas). Dilatih, dilatih, dlatih. Semoga lama-lama, Aufa bisa. Aamiin … :-)

2 komentar:

  1. Hai mbak amma salam kenal ya, saat ramadhan nanti saya juga masih kasih exclusive soalnya si baby masih umur 3 bulan...
    Aku mau tny2 boleh ya, itu kalo kasih asi perah dan menyusui langsing saat puasa biasanya jam brp?trus wkt pompa asi nya jam brp? Krn sy bukan working mom tp pengen bantu pake asip, soalnya pengalaman anak pertama dulu pgn puasa smbil asi eksklusif si baby diare 😥, mohon bantuanya yaa

    BalasHapus
  2. Ralat itu bukan menyusui langsing, maksudnya menyusui langsung 😂

    BalasHapus