Rabu, 09 November 2011

30 Weeks : Perutku Mulai Kerasa Berat


Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, akhir-akhir ini saya mulai merasa cepat lelah. Mungkin udah sekitar 2 minggu terakhir. Nggak cuma itu, perut yang awalnya saya rasa biasa-biasa aja alias nggak kerasa berat, sejak sekitar 2 minggu terakhir ini juga mulai kerasa agak berat. Terutama kalau saya habis makan, hmmm … rasanya beraaaaattt banget. Padahal porsi makan saya nggak banyak loh. Buat jalan kayak ada sesuatu yang nggandul, kalau istilah Jawanya begitu.
Sampai saat ini saat usia kehamilan saya menginjak 30 minggu, saya memang belum pernah memakai korset hamil buat menyangga perut. Jadi, saya belum tahu apakah kalau pakai korset hamil, perut nggak lagi kerasa berat. Cuma, ada kawan yang menyarankan agar saya mulai memakai korset hamil. Saat saya bilang ke suami, suami bilang “Ya, deh, ntar kita beli korset. Biar perut adek lebih nyaman.” Jiahaha … lha kok kesannya kayak saya minta dibelikan korset hamil secara halus yaks? Kok jawaban suami jadi “Ya, deh, ntar beli” begitu? Hihihi … *Dasar istri perayu!*
Di usia kehamilan  yang ke-30 minggu ini, saya udah mulai memperhatikan lebih teliti ke perut saya. Hmm … rupanya strechmarknya emang udah ada. Sebenernya udah muncul dari pas usia kehamilan sekitar 5 bulan sih. Cuman sayanya yang berlagak cuek bebek. Niatnya nyeneng-nyenengin hati sendiri gitu. “Ah, perutku biasa-biasa aja tuh, nggak ada strechmarknya” gitu. Tapi, ternyata kenyataan emang nggak bisa ditipu. Kalau emang ada strechmarknya, ya udah diterima aja. Nggak usah berlagak sok nggak ada strechmarknya. *Huuffttt … pengin kulit tetep mulus yang ternyata mustahil*
Selain udah mulai cepet capek dan strechmarknya mulai kelihatan, punggung dan pinggang saya juga makin cepet kerasa ngilu. Itu saya rasakan terutama kalau udah kelamaan duduk. Karena kerjaan saya menuntut saya lebih banyak duduk di depan komputer, yasud … sering banget deh jadinya tuh si punggung dan pinggang cenut-cenut. Tiap duduk selama 30 menit, udah deeeeeh. Mulai kerasa cenut-cenut di punggung, trus habis itu merembet ke pinggang. Solusi yang saya pakai, saya duduk agak ndlosor di kursi kerja saya. Kalau nggak gitu, saya pakai buat jalan sebentar, nggak nyampai 5 menit sih, trus duduk di sofa ruang tamu kantor. Biar enak, saya ambil posisi agak ndlosor biar punggung dan pinggang saya tertumpu pada pinggiran sofa. Biar cenut-cenutnya hilang, gitu. Selama ini, solusi-solusi itu alhamdulillah berhasil membikin punggung dan pinggang saya berkurang cenat-cenutnya. Solusi yang paling oke sih sebenernya rebahan. Kalau lagi cenut-cenut di punggung dan pinggang, haduuuuuuh … hawanya pengiiiiiin banget rebahan di kasur. Nggak perlu lama-lama, cukup 30 menit aja. Hihihi … itu sih lumayan lama ya? Habis itu, pasti udah hilang deh cenut-cenutnya. Tapi, tentu nggak mungkin banget rebahan di kantor. Mau di mana? Meskipun di kantor saya ada sih sebuah ruang kosong yang bisa dimanfaatkan buat rebahan. Tapi nggak ada kasurnya. Jadi ya tetep aja nggak nyaman, wong cuma beralaskan karpet. Nggak bikin cenut-cenut di punggung dan pinggang hilang, tapi malah bikin pinggang makin cenut-cenut. Soalnya langsung nempel lantai meskipun dialasi karpet. Keras gitu loh. Hohoho ….
Bengkak-bengkak pada kedua kaki saya ternyata tetep masih ada. Mungkin emang nggak bisa kempes kali ya kalau babynya belum lahir? Jadinya ya meskipun udah dibuat sering jalan, dipijet pakai minyak zaitun sama suami tiap malem, trus kaki ditempelin di tembok biar aliran darah ke jantung jadi lancar, mengurangi garam pada makanan, teteeeeep aja masih bengkak. Yaaah … meskipun bengkaknya emang nggak gede banget kayak sebelum saya rutin nempelin kaki di tembok setiap kali sebelum tidur sih. Tapi kalau dibandingin dengan sebelum hamil, kaki saya tetep kelihatan beda. Lebih gendut, gitu. ^_^
Kalau merasakan gimana rasanya hamil, emang bener jadinya apa yang terdapat dalam Al-Qur’an. Bahwa hamil itu makin hari makin terasa berat, tubuh makin terasa lemah. Meskipun memang nggak bueraaaat banget sih, tapi memang berbeda dengan kondisi tubuh yang nggak hamil. Betul kan mommies? ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar