Rabu, 02 November 2011

Bayiku di Usia 7 Bulan dalam Kandungan


Akhir minggu ini, kandungan saya berusia 29 minggu alias 7 bulan lebih 1 minggu. Nggak kerasa cepet banget waktu berlalu. Perasaan, baru kemarin pas hamil muda saya merasakan mual, muntah, eneg, pusing. Dan sekarang, nggak kerasa udah lebih dari 7 bulan hamilnya. Nggak ada lagi keluhan mual, pusing, eneg, dan muntah. Kalaupun ada, itu jarang. Dan biasanya nggak sampai muntah. Hanya mual, pusing, dan badan kerasa lemes. Alhamdulillah … saya sangat mensyukuri keadaan ini. Kehamilan pertama saya ini nggak terlalu merepotkan, tergolong wajar. Suami saya pun juga seneng dengan kondisi kehamilan saya, karena saya nggak terlalu merepotkannya. Sejak awal hamil, saya nggak minta yang aneh-aneh atau yang susah-susah. Kalau ada permintaan, permintaan saya masih tergolong gampang dicari, dekat nyarinya, dan murah harganya. Nggak bikin kantong dan dompet suami tongpes deh. Hehehe …
Seinget saya, permintaan-permintaan saya hanya  soal makanan atau minuman semuanya, terutama pas awal-awal hamil dulu. Misalnya minta dibelikan pecel, gado-gado, tongseng kambing (yang awalnya saya sangat eneg banget dengan yang namanya daging kambing, tapi jadi doyan pas saya hamil), pisang owol di dekat kantor suami saya, sama brownis kukus deket rumah sakit tempat saya periksa kehamilan. Saya nggak pernah minta selain makanan atau minuman, misalnya minta dibelikan barang apaaaa gitu. Kata suami, alhamdulillah permintaan-permintaan saya masih terjangkau kantong suami. Hehehe …. Saya juga nggak pernah minta dibelikan sesuatu di jam-jam tertentu yang bisa bikin suami repot, misalnya minta dibeliin sesuatu pas udah larut malam saat suami lagi enak-enaknya istirahat di rumah atau minta dibeliin sesuatu yang lagi nggak musimnya. Weiiisss … hamil yang menyenangkan (kata suami). Wkwkwkwk … *narsis nggak papa lah ya?*
Pas periksa kehamilan saat usia kandungan saya 5 bulan lebih 1 atau 2 minggu, berat bayi saya sekitar 480 gram. Hmm … kok kecil banget yaks? Menurut artikel yang pernah say a baca di tabloid ibu dan balita, di usia segitu, berat bayinya 500 gram. Waaah … saya tambah deg-degan aja habis baca artikel itu. Aduh, kurang berat dong BB anak saya? Tapi, dokter kandungan saya nggak bilang apa-apa ke saya dan suami soal BB bayi kami. Jadi, kami pun menyimpulkan kalau BB bayi kami masih dalam kisaran wajar. Pas saya periksa itu, BB saya naik 5 kg dibandingkan dengan saat sebelum saya hamil. Nah looo … berarti kenaikan BBnya lebih ke emaknya daripada bayi saya. Saya naik 5 kg, masak bayi saya cuma 480 gram? Duuuh …
Karena tahu BB bayi saya yang kurang dari 1/2 kg itu, saya jadi getol makan dan ngemil. Pokoknya apa aja dilahap. Mumpung saya juga udah nggak merasa mual, eneg, dan pusing lagi. Jadinya nafsu makan udah kembali seperti sebelum hamil. Oke deeeh … saya manfaatkan betul-betul membaiknya nafsu makan saya itu. Dan hasilnya, saat saya periksa kehamilan pas usia kandungan saya jalan 27 minggu, BB saya naik 9 kg dibandingkan dengan sebelum saya hamil! Itu berarti dalam waktu sebulan lebih sedikit, BB saya naik 4 kg! Mantaaaappp!!!! Dan hyuuuukk kita lihat berapa BB bayi saya kali ini. Hmm … alhamdulillaaaahh … BB bayi saya 1.215 gram! Itu artinya, BB bayi saya naik sekitar 735 gram. Saat periksa, dokter kandungan saya nggak bilang apa-apa juga soal BB bayi saya maupun BB saya. Berarti masih dalam kisaran normal. Dokter hanya berpesan agar saya terus menjaga pola makan sehat, mengonsumsi lebih banyak lagi buah dan sayur, dan juga mulai rajin ambil posisi sujud selama 10 menit sebanyak 5 kali setiap harinya. Soalnya pas di-USG, posisi kepala bayi saya masih di atas. Sesampainya di rumah saat saya buka-buka kembali artikel di tabloid yang memuat perkembangan BB bayi tiap pekannya selama dalam kandungan, saya nggak terlalu khawatir lagi seperti bulan sebelumnya. Berdasarkan artikel, BB bayi sekitar 1.000 gram. Sementara kenyataannya, BB bayi saya udah 1.215 gram. Okelah … nggak masalah. Toh, dokter nggak memberikan warning apapun.
Habis dari periksa kehamilan terakhir itu, saya mulai ambil posisi sujud selama 10 menit seperti saran dokter. Tapi, saya belum melakukannya sebanyak 5 kali setiap harinya. Kadang hanya sekali dan kadang hanya 2 kali, pagi dan malam hari. Saya juga memperbanyak gerak tubuh, seperti jalan-jalan di pagi hari. Saya juga lebih banyak menyibukkan diri dengan aktivitas pekerjaan rumah tangga. Kalau dulu, saya cenderung mengikuti apa maunya badan, kalau capek ya istirahat. Tapi kalau sekarang tetep menyibukkan diri meskipun badan udah kerasa capek. Semoga kehamilan saya tetap lancar sampai lahiran nanti. Aaamiiin ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar