Selasa, 08 November 2011

Perjalanan Jauhku Selama Hamil


Mudik … mudik … mudik!! Hawanya pengiiiiiin banget mudik ke rumah orang tua. Kali terakhir pulang ke rumah orang tua saya adalah pas Hari Raya Idul Fitri kemarin. Hmmm … kalau dihitung-hitung, udah 2 bulan lebih nggak pulang. Kangen suasana desanya, kangen rumah, dan yang pasti kangen bapak ibu. Beberapa waktu lalu, saya dan suami berencana mau mudik ke rumah orang tua saya di akhir pekan pertama bulan November ini. Tapi setelah melihat kalender, ouw … ouw … ternyata akhir pekan pertama bulan November ini bertepatan dengan Idul Adha. Yasud, setelah dipikir-pikir, kami menggeser waktu rencana mudik ke Jogja jadi akhir pekan kedua November alias akhir pekan ini!!! Horrreeeee …!!! Akhir pekan pertama November yang bertepatan dengan Idul Adha kemarin akhirnya kami pakai buat mudik ke rumah mertua di Wonogiri. Geser-geser jadwal mudik gitu deh jadinya. Hehehe … :-D
Sebenernya, besok Hari Minggu ada acara nikahan di tempat saudara di Wonogiri. Mana rumahnya sebelahan sama rumah mertua. Selain itu, ada juga seorang kawan di Magetan Jawa Timur yang besok Hari Minggu itu juga menikah. Dia meminta saya dan suami untuk hadir di acara pernikahannya di Magetan. Tapiiii … apalah daya, kami sudah punya rencana. Birulwalidain buat nengok orang tua yang udah lama nggak kami kunjungi sepertinya menempati urutan pertama prioritas kami di saat kami tak punya banyak pilihan untuk melakukan perjalanan jauh. Untuk 2 acara nikahan, kami memilih untuk menitip kado aja buat pasangan pengantinnya.
Karena kandungan saya udah besar, udah 30 minggu gitu loh, kayaknya perjalanan kami ke Jogja nanti adalah perjalanan jauh saya yang terakhir sebelum saya melahirkan. Suami udah khawatiran aja bawaannya. Ibu mertua juga udah ngelarang saya melakukan perjalanan jauh. Hmm … dan sepertinya, kepulangan kami ke Wonogiri kemarin juga kepulangan terakhir sebelum saya melahirkan. Ke Wonogirinya lagi ntar habis saya melahirkan kalau dedek udah bisa diajak pergi jauh.
Sejak saya hamil, sebenernya saya terhitung nggak sering bepergian jauh. Saya pertama kali bepergian jauh saat usia kandungan saya 15 minggu atau 16 minggu pas hari pertama Ramadhan. Saat itu saya dan suami mudik ke rumah orang tua saya di Jogja. Sebelum itu, saya nggak pernah pergi jauh. Paling jauh cuma ke Karanganyar yang hanya membutuhkan waktu 45 menit perjalanan naik sepeda motor. Selebihnya cuma di Solo aja. Setelah ke Jogja, perjalanan jauh selanjutnya adalah ke Wonogiri ke rumah mertua pas pertengahan Agustus kemarin, pas juga sama pertengahan bulan Ramadhan. Setelah itu, ke Jogja lagi pas akhir Ramadhan sampai tanggal 1 Syawal kemarin. Lebaran di Jogja langsung kami sambung dengan menghabiskan Lebaran di rumah mertua di Wonogiri. Jauhnyaaaa! Jogja-Wonogiri. Alhamdulillah kami nginep dulu semalem di rumah sebelum mudik ke Wonogiri. Kalau enggak, bisa rontok nih badan. Apalagi kami hanya bermotor ria buat mudik. :-)
Setelah Lebaran itu, kami nggak bepergian jauh lagi. Kami baru bepergian jauh di akhir pekan kemarin pas kami ke rumah mertua di Wonogiri buat merayakan Idul Adha. Dan rencana perjalanan jauh selanjutnya sekaligus terakhir sebelum saya melahirkan adalah mudik ke rumah orang tua saya ke Kulonprogo Jogja besok Sabtu-Minggu.
Tuh, kalau dihitung-hitung, sejak saya hamil, kami berdua baru 5 kali bepergian jauh. Dan rencananya digenapkan jadi 6 kali akhir pekan ini ke Jogja. Itu semua kami pilih biar saya nggak kecapekan, biar lebih sering bisa istirahat di rumah, dan tentunya biar dedek di dalem perut baik-baik aja. Semoga kau baik-baik dan sehat-sehat saja di dalam, ya Nak! Ayah dan Bunda sayang sekali padamu, Nak. We love u … ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar