Jumat, 16 Desember 2011

34 Weeks : Bayiku Masih Sungsang dan Beratnya Masih Kurang


Nggak kerasa udah akhir pekan lagi. Cepet banget rasanya waktu berlari. Perasaan, waktu juga masih sama. Sehari ada 24 jam. Tapi, kok rasanya perputaran waktu ini cepet banget. Perasaan, baru kemarin deh akhir pekannya. Tapi, ternyata ini udah akhir pekan lagi. Nggak kerasa juga nih kalau ternyata Sabtu besok, dedek bayi dalam rahim saya udah berusia tepat 35 weeks. Yeeee!!! Cepet banget, ya? Itu artinya, sepekan lagi, kandungan saya tepat berusia 36 weeks alias 9 bulan! Wooow!! Subhanallah … :-)
Setelah berusia tepat 9 bulan nanti, itu artinya saya dan suami mesti bener-bener udah siap kalau sewaktu-waktu dedek bayi lahir ke dunia. Meskipun untuk bener-bener siap, nggak harus menunggu tepat berusia 9 bulan. Toh, di usia-usia kandungan saya sekarang ini, dedek bayi bisa kapan aja lahir. Soalnya, banyak temen yang melahirkan bayi-bayi mereka 2 minggu sampai 1 bulan sebelum HPL. Itu artinya, usia kandungan baru 8 bulanan, jabang bayi udah lahir. Sama kayak saya sekarang ini, nih. Usia kandungan saya sekarang adalah 35 weeks alias 9 bulan kurang 1 week. Menurut perkiraan dokter, HPL saya 23 Januari 2012 alias kurang 38 hari lagi.
Di usia kandungan saya yang udah 35 weeks ini, saya dan suami tentu aja merasa sangat sangat bahagia. Sebentar lagi, kami berdua akan melihat buah cinta kami berada di antara kami. Bisa kami peluk, kami cium. Setiap hari dan setiap saat. Tapi, di usia 35 weeks ini, masih ada kekhawatiran yang menyelimuti hati kami berdua. Saat terakhir periksa ke dokter ketika usia kandungan saya 34 weeks kemarin, berat janin saya masih 1.950 gram. Padahal, seharusnya di usia 34 weeks, berat janin saya 2.146 gram. Itu artinya, beratnya masih kurang 196 gram. Padahal lagi, di usia kehamilan 34 weeks, berat badan saya udah naik 13 kg dibandingkan dengan sebelum saya hamil. Berat janin 1.950 gram itu normalnya untuk janin berusia 33 weeks di dalam kandungan.
Hmmm … sedihnya kami. Sepertinya saya udah makan banyak-banyak, deh. Berat badan saya pun juga udah naik 13 kg. Lah, kalau gitu, berarti yang endut cuma emaknya, dong? Bayinya masih kecil aja. Dokter kandungan saya menyarankan agar saya lebih banyak lagi minum susu dan juga makan nasi biar berat janinnya cepet nambah. Saya juga disarankan banyak makan es krim. Waaa … tentu saya seneng-seneng aja disuruh banyak makan es krim. Tapi, kalau disuruh banyak makan nasi, rada berat. Entah kenapa, sejak menginjak usia kandungan 8 bulan, nafsu makan saya menurun. Mungkin itu pula yang membuat berat janin saya nggak banyak naiknya.
Selain itu, tadi malam saya SMS-an sama seorang teman yang berprofesi sebagai dokter umum. Dia nanya kabar saya dan bayi saya. Trus saya cerita soal berat janin saya yang masih kecil, kurang dari berat normal. Menurutnya, mungkin asupan yang saya makan harus diubah. Untuk menaikkan berat badan janin, saya dianjurkan lebih banyak mengonsumsi karbohidrat. Saya juga bisa memperbanyak makan es krim. Menurutnya, bisa jadi akhir-akhir ini, saya lebih banyak mengasup makanan berprotein daripada yang mengandung karbohidrat. Padahal, untuk menaikkan berat badan janin, saya harus lebih banyak mengonsumsi karbohidrat.
Hmm … saya pikir-pikir, mungkin bener apa kata teman saya ini. Soalnya, akhir-akhir ini saya kurang nafsu makan nasi atau makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Akhir-akhir ini saya justru lebih banyak ngemil buah. Setiap hari makan buah dalam porsi yang lumayan banyak, tapi konsumsi nasinya sedikit. Oooh … apakah itu penyebabnya? Entahlah.
Karena saya adalah orang awam yang nggak tahu apa-apa, sepertinya saya memang harus mengikuti saran dokter kandungan saya maupun saran dari teman saya. Kalau nggak mengikuti saran dokter, ntar saya jadi orang yang sok tahu. Wong nggak tahu apa-apa kok semaunya sendiri. Selama seminggu ini sejak periksa terakhir ke dokter, saya selalu memaksa diri untuk lebih banyak mengonsumsi nasi. Saya tanamkan dalam pikiran saya bahwa saya harus doyan makan. Saya nggak boleh lagi nggak nafsu makan. Selain banyak makan nasi atau yang mengandung karbohidrat, saya juga memperbanyak minum susu hamil. Selama lambung saya masih mampu menampung makanan dan juga susu, saya akan memakan dan meminumnya. Huufft … pokoknya heroik banget makannya! Hehehe … :-D Semoga pas nanti periksa lagi ke dokter, berat janin saya udah naik signifikan. Aamiin …
Selain khawatir soal berat janin saya yang masih kurang, saat ini kami juga diselimuti kekhawatiran lain. Soalnya, di usia 34 weeks, posisi janin saya masih sungsang. Kepalanya masih di atas, belum mapan di jalan lahir. Hmm … itu juga bikin kami berdua sedih. Padahal, saya udah rajin nungging buat merangsang janin saya memutar badannya sehingga kepalanya mapan di jalan lahir. Dokter kandungan saya juga belum tahu kenapa di usia 34 weeks ini bayi saya masih sungsang. Saya berharap tidak terjadi apa-apa dengan janin saya. Dokter kandungan saya menyarankan agar saya terus aja rajin nungging biar posisi janin saya mapan, kepalanya ada di jalan lahir. Apalagi berat janin saya masih kecil, jadi masih ada kemungkinan janin saya bisa muter.
Dengan semangat yang diberikan suami dan juga terapis senam hamil, saya terus bersemangat untuk rajin-rajin nungging. Tentunya saya juga mendapat semangat dari saudara-saudara dan teman-teman saya. Terapis senam hamil bilang, sampai sebelum bayi lahir, terus aja nungging. Jadi, kalau pas ada di rumah, saya usahakan sering nungging. Dalam sehari semalam bisa 5 sampai 6 kali nungging dengan durasi setiap nungging hampir 10 menit. Sampai pegel punggung saya kalau nunggingnya lama. Sambil nungging, saya elus-elus perut saya, trus saya ajak ngobrol baby saya. Saya bilang sama dia untuk terus semangat muter badannya hingga kepalanya ada di jalan lahir. Saya ajak dia berdoa, saya kerasin doa saya biar dia juga denger kalau emaknya ngajak dia berdoa. Saya juga bilang bahwa saya butuh bantuannya biar persalinan nanti lancar. Saya bilang itu terus sama baby saya. Saya ulang-ulang terus. Saya yakin, dia mendengar apa yang saya katakan. Bahkan meskipun saya tidak berkata-kata, saya yakin dia merasakan bahwa saya sedang berbicara dalam hati dengannya.
Saya nggak tahu kenapa posisi janin saya belum muter. Padahal, dulu saat USG pas kehamilan saya berusia 5 bulan, posisi kepala janin saya ada di bawah. Begitu juga saat USG pas usia kehamilan saya 6 bulan, kepalanya juga udah ada di bawah. Tapi saat periksa sekalian USG pas kehamilan saya 27 weeks, posisi kepalanya berbalik ada di atas. Posisinya begitu terus sampai saat saya periksa di usia kehamilan saya 34 weeks kemarin. Itulah yang terus bikin saya kepikiran sejak usia kehamilan saya 27 weeks.
Hmmm … semoga aja ikhtiar saya dengan rajin nungging dan terus berdoa pada Allah, juga terus berkomunikasi dengan my baby, akan berhasil baik. Posisi kepala janin saya ada di bawah, di jalan lahir. Ya Rabb, hanya Engkaulah tempat memohon. Hanya Engkaulah yang Maha Besar dan Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tolonglah hamba, ya Rabb. Tolonglah juga janin hamba, ya Allah. Putarlah posisi tubuhnya sehingga kepalanya ada di jalan lahir, ya Allah. Mudahkanlah persalinan hamba nantinya. Hamba ingin melahirkan secara normal. Aamiin … :-D


7 komentar:

  1. Hi Salam kenal, aku sekarang masuk week 35, minggu kemaren kontrol di week 34 berat badan bayi juga baru 2,1kg...serba salah ya, kita nya udah nambah berkilo2 tapi bayi kita naiknya sedikit...aku sih disuggest utk minum susu tambahan entrasol, semoga BB bayi kita bertambah terus yaa.. semangattt :)

    BalasHapus
  2. Hi Mba Bonnie...iya nih...serba salah rasanya...kitanya naik banyak banget, tapi babynya masih kecil...untuk sementara, saya banyakin makan yang berkarbohidrat, tambah banyak minum susu hamilnya, trus juga makan es krim banyak-banyak...moga-moga ntar pas kontrol, perkembangannya signifikan...saling mendoakan ya Mba! Semangaaaattt!! :-D

    BalasHapus
  3. hi calon ibu2 saya calon ayah..... kemarin antar istri periksa usia 34w5d alhamdulillah berat si dede dah 2,4 tapi sebelumnya sempet khawatir waktu periksa di usia 32w 6d berat dede cuma 1780 gram. selama 2 minggu istri di saranin banyak makan es krim sama sari kacang ijo di samping vitamin sama susu hamil..... jangan lupa makan juga g boleh di kurangin..... hasilnya alhamdulillah.... semoga bermanfaat

    BalasHapus
  4. di kehamilanku yg ke 35w bayi ku masih sungsang bun...sedih bngt...pdhal pngen lhiran nrmal..trus bb nya jga masih 2.24g.... smga sja dg usha bb janin ku bsa naik ya bun...dan posisinya gak sungsang lagi

    BalasHapus
  5. Sedih bngt d usia 31w4d bb janin ku cm 1300 pdhl udh makan es krim,alpukat,susu ult..tp dlm sbln cm naek 5ons krn sblmnya bln kmrn 800gr normal gk sih?mnt sarannya donk bunda2 biar lbh semangat lg kejar targetnya😢😢😢

    BalasHapus
  6. Sedih bngt d usia 31w4d bb janin ku cm 1300 pdhl udh makan es krim,alpukat,susu ult..tp dlm sbln cm naek 5ons krn sblmnya bln kmrn 800gr normal gk sih?mnt sarannya donk bunda2 biar lbh semangat lg kejar targetnya😢😢😢

    BalasHapus
  7. bun,gimana akhirnya lahirannya? apakah dg usaha nungging itu berhasil memutar posisi bayinya? aku jg khawatir sekali, hamil 34w berat uda 2,5kg tp posisi masih sungsang, sudah banyak sujud, tp masih berasa ddnya blm muter juga, soalnya kepalanya berasa keras di atas perutku.

    BalasHapus