Kamis, 29 Desember 2011

Menambah Stamina Bumil dengan Minum Campuran Kuning Telur Mentah, Madu, dan Jeruk Nipis


Memang benar ya, perempuan hamil itu memang jadi mudah merasa lelah. Terutama setelah memasuki trimester ketiga. Saya merasakan sekali hal itu. Sebentar-sebentar capek, sebentar-sebentar capek. Aktivitas fisik sebentar aja udah langsung kerasa capeknya. Lemes sama capek nyampur jadi satu. Nggak cuma itu, sejak usia kandungan saya memasuki 8 bulan, tensi saya sering drop. Tensi saya yang pada dasarnya emang rendah, jadi makin rendah deh. Udah bisa ditebak apa efeknya. Lemes, ngantukan, cepet capek. :-(
Sejak usia kandungan saya 6 bulanan, sebenernya saya dikasih resep Bu Hesti, temen kantor suami. Katanya, biar badan tetep seger, nggak kerasa lemesan, trus nanti pas lahiran juga lancar, ibu hamil baik banget kalau minum campuran kuning telur ayam kampung, madu, dan jeruk nipis. Sebutir kuning telur ayam kampung yang masih mentah dicampur dengan satu atau dua sendok madu dan air perasan satu buah jeruk nipis, diaduk-aduk hingga bener-bener tercampur semuanya. Trus, diminum deh. Bisa seminggu sekali atau seminggu dua kali.
Pas saya dapet ilmu itu, haduuuuuh … ngeri pisan euy saya membayangkannya. Hiyeeekkk … ngerasa eneg plus rada jijik gitu. Gimana sih ya, kuning telur mentah gitu loh ya. Masak diminum? Kan amis-amis gitu. Haduuuuh … nggak banget deh. Kalau minum campuran madu sama air jeruk nipis sih oke-oke aja, wong saya udah biasa minum itu. Tapi, kalau ditambahin sebutir kuning telur ayam kampung yang masih mentah, hiyeeeekkk … enggaaaakkk!
Tapi, seiring berjalannya usia kehamilan, saya makin merasakan cepet capek dan lemesan. Pas usia kehamilan saya jalan 9 bulan, seorang temen kantor suami saya yang lain juga menyarankan agar saya minum campuran kuning telur ayam kampung yang masih mentah, madu, dan air perasan jeruk nipis. Katanya, campuran itu diminum seminggu sekali. Khasiatnya cepet kerasa, bikin badan nggak lemesan. Gitu katanya.
Dan akhirnya, setelah dapet masukan sana sini dari temen-temen kantornya, suami saya beli telur ayam kampung, madu, dan jeruk nipis. Banyak banget belinya, bisa buat diminum selama setengah bulan kayaknya. Sedangkan saya?? Hiks … masih ogah-ogahan minum. Eneg campur rada jijik gitu.
Habis beli semua barang-barang itu, suami saya membuatkan campuran minuman itu. Pas saya pulang kerja, si gelas berisi campuran itu udah leyeh-leyeh dengan manisnya di meja makan menunggu saya menandaskan isinya. Hiks … toloooooonggg! Saya belum siap!
Dengan agak memaksa, suami saya terus menyodor-nyodorkan gelas itu ke saya. “Ini buat kebaikan Adek dan kakak kecil (panggilan sayang buat calon anak kami-red). Ayolaaah … diminum. Biar badan kerasa seger, nggak lemesan. Ntar biar pas lahiran juga lancar,” suami saya terus memaksa.
Saya bilang kalau saya mau minum asalkan suami saya juga ikut minum. Tapi, apa yang terjadi??? Suami saya bilang ENEG! Dia bilang, minuman itu bukan buat dia. Nah loooo … dia sendiri ngerasa eneg. Masak saya nggak boleh eneg sih? Karena saya terus dipaksa-paksa gitu, akhirnya saya pegang juga gelasnya. Sambil duduk di kursi, saya aduk-aduk isinya pakai sendok. Saya bauin, hiiiyy … nggak enak kayaknya. “Ayo, cepet diminum. Nggak usah dibauin kayak gitu. Glek glek glek gitu lho,” suami saya maksaaaaaa terus. Tapi, sayanya masih ragu mau meminumnya. Pelan-pelan saya angkat sendoknya, saya dekatkan ke mulut saya, saya jilat sedikit ujung sendoknya. Merasakan gimana sih kira-kira rasanya campuran minuman ini. Cep cep cep … nggak kerasa amis atau kerasa telur mentah sih. Yang kerasa adalah rasa jeruk nipis sama madu. Tapi, saya lihat lagi campuran minuman itu, eneeeeggg!
Suami saya teruuuuus nungguin saya sambil berdiri di depan saya. Setelah saya berani-beraniin, pelan-pelan saya angkat juga gelas itu mendekati mulut saya. Saya tahan napas saya biar nggak membaui campuran minuman itu. Takut bau amis, bo’! Dengan sekali tenggak, saya minum campuran itu. Setelah semuanya masuk ke mulut, barulah saya menelan semuanya. Hmmm … ternyata nggak kerasa amis, Sodara-Sodara! Nggak kerasa telur mentahnya. Yang kerasa dominan adalah air perasan jeruk nipisnya. Air putih dingin yang udah saya siapkan buat ‘obat’ kalau-kalau campuran minuman itu kerasa nggak enak, hanya sedikit sekali saya minum.
Hohoho … ternyata bener. Kuning telur ayam kampungnya nggak kerasa. Bau amisnya juga nggak kerasa. Ternyata bener, enak lho. Nggak eneg kok. Setelah berhasil minum dan ngerasa enak, suami saya tambah rajin membuatkan saya campuran minuman itu. Setiap sore, saya jadi rajin minum. Setelah selama 4 sore berturut-turut minum campuran itu, mulai hari kelima, saya minum campuran itu 2 kali sehari. Pagi dan sore hari. Dan memang bener khasiatnya. Meskipun saya tetep lemes, tapi nggak lemes banget kayak sebelum rajin minum campuran itu.
Nggak tahu juga ya, apakah kalau saya minum itu sejak usia kandungan saya belum tua begini, saya sama sekali nggak akan ngerasa lemes. Hmmm … mungkin saya udah telat kali ya? Usia kandungan 9 bulan, saya baru meminumnya. Coba kalau saya minum sejak usia kandungan saya masih muda ya? Mungkin saya bakal ngerasa fit terus sepanjang hari selama hamil. Tapi, ya udahlah … nggak perlu disesali. Toh, saya sendiri yang sebelumnya merasa eneg dan emoh minum. Yang penting, sampai nanti melahirkan, saya akan rajin minum campuran itu setiap hari. Biar meskipun masih merasakan lemes, tapi nggak lemes banget. Ngikut jadwal yang dibikin suami, sehari minum 2 kali, pagi dan sore. Toh lagi, saya juga tinggal minum. Wong udah ada suami yang siap sedia selalu membikinkan.
Buat mommies yang sedang hamil, hayuk-hayuk dicoba minum campuran kuning telur ayam kampung yang masih mentah, 2 sendok madu, dan air perasan satu buah jeruk nipis. Bisa meminumnya seminggu sekali atau seminggu dua kali. Tergantung kebutuhan atau kondisi tubuh. Lemesnya berkurang kok. Campuran minuman ini bener-bener menambah stamina. Jadi ngejreeeenggg!! Hehehe … :-)


13 komentar:

  1. Boleh ya bumil makan telur mentah?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Pertanyaan saya juga sama dgn yg di atas.. Telur mentah kan masih mengandung bakteri, sementara janin rawan diserang bakteri. Gimana dgn kondisi janinnya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata orang dlu kalo mau minum campuran itu harus telur ayam kampung asli.. Soalnya kalo yg asli itu bakteri nya gak kayak di telur ayam biasa,,tapi kembali lagi ke bunda nya mau dengerin dan percaya siapa..

      Hapus
  4. kalo saya lihat pengalaman ibu saya sendiri selama hamil 8 anak selalu minum kuning telur ayam kampung dan madu, alhamdulillah adik2 saya nggak bermasalah apa2, saya juga baru nyoba pas hamil 9 bulan karna ngerasa badan sering lemes, alhasil nggak lama setelah minum campuran itu rasanya badan seger banget bun...

    BalasHapus
  5. Jaman dulu telur masih fresh...jaman sekarang udah banyak virus dan bakteri..masih takut konsumsi telur mentah...

    BalasHapus
  6. ya. .bun kata nya telur ayam kampung ,madu,sama perasan jeruk nipis nya. .boar cpet genser lahiran nya...

    Apakah iya?

    BalasHapus
  7. Kalo masalah kesterilan sama ramuan jaman doeloe pasti bentrok. Tapi khasiat nya gak bisa dipungkiri emang ada...wong itu resep jaman baheula org2nya sehat2 smua kan,haha..

    BalasHapus
  8. Alhamdulillaah... Saya baru saja lahiran... Di duaminggu terkahir kehamilan, sering konsumsi kuning telur ayam kampung+madu. Waktu lahiran, energi bener2 fit... Ngeden kuat, ngga loyo. Adek bayipun lahir dalam keadaan sehat ...

    BalasHapus
  9. jadi usia kandungn 39week bole

    BalasHapus
  10. Kuning telur memang jozz
    semoga semua tambah sehat, selamat dari berbagai penyakit

    BalasHapus