Minggu, 14 Agustus 2011

Pulang ke Wonogiri


Setelah lima bulan nggak pulang ke rumah mertua di Wonogiri, akhirnya hari Sabtu dan Minggu pulang juga ke sana. Lima bulan. Hmmm … lamaaaaaaa sekali! Sampai suami udah kangen-kangen gitu karena saking lamanya nggak pulang ke Wonogiri. Maklum, dulu sebelum nikah, setiap seminggu sekali suami pulang. Setelah nikah, pulangnya jadi setiap sebulan sekali. Yang awalnya sebulan bisa pulang empat kali, jadinya cuma sekali aja. Jadinya njeglek gitu pas awal-awal nikah. Tapi lama-lama jadi terbiasa juga kalau pulangnya sebulan sekali. 

Kali terakhir kami pulang ke Wonogiri pas saya belum hamil. Tepatnya awal bulan April, tanggal 2 sampai 3 April. Bulan berikutnya pas mau pulang ke Wonogiri, kebetulan saya sakit yang ternyata itu adalah pertanda bahwa saya hamil meskipun saat itu saya dan suami belum tahu kalau sebenernya saya sedang hamil muda. Akhirnya terpaksalah kami nggak pulang ke Wonogiri. Bapak ibu mertua dan keluarga Wonogiri yang justru dateng ke Kartasura. Tapi waktu itu, semuanya juga belum ngeh kalau sebenernya saya lagi hamil muda. Barulah pas kemudian kami tahu bahwa saya hamil saya dan suami memutuskan untuk nggak bepergian jauh sebelum kandungan saya empat bulan. Biar dedek kuat dulu kalau mau diajak bepergian jauh. Orang tua dan mertua juga mendukung agar kami berdua nggak pergi kemana-mana dulu sebelum kandungan saya berusia empat bulan.
Dan akhirnyaaaa … setelah lama nggak pulang, akhir bulan Juli kemarin kami pulang ke rumah orang tua saya di Jogja. Dan ini giliran kami pulang ke Wonogiri. Yipppiiii … akhirnya bisa pulang ke desa. Senengnyaaaaa. Rencananya kami berangkat ke Wonogiri Sabtu pagi habis Subuh. Biar di jalan nggak kepanasan. Tapi ternyata malam Sabtu kemarin, suami saya kerja lembur. Jam 2 malem baru sampai rumah. Trus jam setengah 4 pagi udah bangun lagi buat sahur trus lanjut salat Subuh. Karena masih ngantuk berat, habis salat Subuh, dia langsung balik tidur lagi. Pastinya nggak akan kuat naik motor dengan perjalanan sejauh itu. Daripada ngantuk di jalan atau malah kenapa-kenapa di jalan gara-gara ngantuk berat, ya udah berangkatnya agak siangan aja.
Habis bangun dan mempersiapkan ini dan itu, kami baru berangkat jam 10. Huuufftt … sinar matahari udah garang bo’! Kalau saya sih nggak masalah, wong nggak puasa. Lha suami saya yang kayaknya lumayan berat. Kasihaaan. Sebelum pulang, kami mampir dulu nengokin tetangga mertua yang sedang dirawat di rumah sakit di Wonogiri kota. Jadilah kami baru melanjutkan perjalanan pulang pas terdengar adzan Dhuhur. Kami baru nyampai di rumah jam 13.30. Panaaaaaas. :-)
Ada yang beda nih pas pulang. Si dedek yang biasanya emang udah akif gerak-gerak di perut, selama di Wonogiri tambah aktif banget. Apalagi kalau saya lagi becandaan sama kakak sepupunya yang berumur 4 tahun kurang. Tiap kali kakak sepupunya ngoceh atau ketawa-ketawa, si dedek di dalam perut kruntel-kruntel nggak karu-karuan. Kayak ikut-ikutan pengen nimbrung ngoceh sama kakaknya gitu. Kalau saya lagi nggak sama kakak sepupunya, si dedek nggak kruntel-kruntel banget. Tapi kalau ngumpul-ngumpul lagi sama sepupunya, aduuuuuhh … kayaknya dedek lagi main bola deh di dalam perut. :-) Bahkan sebelum waktu buka puasa sampai saya mau tidur jam 9 malem, si dedek geraaaak terus nggak berhenti-berhenti. Dedeeekk … dedek! Seneng ya diajak pulang ke rumah Mbah? Seneng ya ketemu sama Mas Aziz? Sabar ya, Nak, awal tahun depan ketemu langsung sama Mas Aziz. ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar