Senin, 08 Agustus 2011

Si Calon Emak Terserang Flu dan Batuk

Si calon emak lagi terserang flu dan batuk. Huuuffftt … bener-bener menyiksa deh kalau lagi terserang penyakit itu. Awalnya, hari Jumat sore tiga hari sebelum puasa Ramadan, tenggorokan si calon emak tiba-tiba terasa serak dan sakit. Wah … pas mulai merasakan itu, si calon emak langsung mikir “Ini kayaknya radang tenggorokan kumat, nih”. Mulai deh si calon emak nyari-nyari obat dan menghindari makanan dan minuman yang bisa bikin radangnya tambah parah.
Sampai hari Minggu pagi sehari sebelum puasa Ramadan pas bersama suami pergi ke Jogja nengok bapak ibu, tenggorokan masih serak-serak. Tapi serak-seraknya nggak parah, masih enak buat nelan makanan. Tapi … pas nyampai di rumah bapak ibu, olalaaaa … debu ada di mana-mana. Di kursi, di kasur, di jendela, di pintu, apalagi di lantai. Huuufftt … intinya ada debu di mana-mana. Mana saya suka bersin-bersin kalau banyak debu gitu. Sambil nutupin hidung dan mulut pakai jilbab, si calon emak mulai bersih-bersih kamar yang udah empat bulan nggak dihuni, juga bersih-bersih ruang tamu beserta kursi-kursinya. Tapi mungkin yang namanya udah kotor banget, meskipun dibersihin gitu tetep aja debunya masih ada aja yang nempel. Waktu saya bilang kok debunya tebel di mana-mana, ibu bilang katanya tiap hari udah dibersihin. Tapi saya pikir, kok aneh juga kalau dibersihin tiap hari tapi debunya tebel banget kayak gitu. :-D
Setelah dua hari satu malam di rumah ibu, saya dan suami pulang ke Kartasura. Malam harinya setelah kami dari Jogja, saya mulai merasakan tenggorokan saya semakin bertambah serak dan sakit. Sampai-sampai susah buat ngomong. Nggak cuma itu, batuk pun mulai datang menyerang. Setelah dua hari tenggorokan sakit dan batuk-batuk, hidung mulai meler. Mulai deh hatchih-hatchih. :-(
Sebenernya bukan pileknya yang bikin saya tersiksa, tapi batuknya itu yang paling bikin saya tersiksa. Apalagi kalau malam hari, batuknya bener-bener sampai ngikil. Uhuk-uhuk hampir sepanjang malam. Yang jadi pikiran saya bukan sayanya, tapi jabang bayi yang ada dalam perut saya. Soalnya kalau batuk kan otot perut kayak ketarik-tarik gitu. Saya takut terjadi apa-apa dengan kandungan saya. Apalagi saya batuk-batuknya udah berhari-hari.
Sejak awal tenggorokan saya sakit, saya udah tambahin mengkonsumsi air putih dan makan buah jeruk banyak-banyak, juga minum perasan jeruk nipis dicampur sedikit madu. Tapi ternyata tetep aja flu dan batuk-batuknya nggak sembuh-sembuh juga. Karena itu, awalnya saya dan suami berencana pergi ke dokter kandungan saya untuk memeriksakan batuk saya itu pada hari Sabtu kemarin. Tapi, karena sejak Sabtu pagi batuk-batuknya kayaknya mereda, akhirnya rencana periksa ke dokter batal. Tapi, Sabtu siang, batuk-batuknya mulai parah lagi dan terus parah sampai Senin pagi. Karena udah seminggu nggak sembuh-sembuh juga dan Senin pagi kemarin saya merasa pusiiiiiing sampai cenut-cenut di kepala, akhirnya saya dan suami berangkat juga ke rumah sakit periksa ke dokter kandungan saya.
Oleh dokter, saya diberi dua macam obat, sirup untuk batuk dan flu serta pil. Sirupnya diminum 3 kali sehari dan pilnya diminum sekali sehari. Alhamdulillah setelah kemarin siang minum sirup dan pil (hehehe … saya belum bisa ikut puasa), trus malam harinya minum sirup lagi, pas tadi malam tidur nggak batuk-batuk lagi kayak malam-malam sebelumnya. Tidurnya bisa puleeeeees banget. Tadi pagi pas nemenin suami sahur, saya minum sirupnya lagi. Alhamdulillah sekarang batuk-batuknya mulai berkurang. Hohoho … coba si calon emak mau nurutin apa kata suami buat periksa ke dokter jauh-jauh hari sebelumnya ya? Mungkin hari ini batuk-batuknya udah sembuh. Hmmm … tapi ya udah deh. Yang penting dedek di dalam perut nggak kenapa-kenapa.
Oya, pas kemarin periksa ke dokter, dokternya sekalian nengokin dedek di dalam perut. Wiii … pas di-USG, posisi si dedek udah berubah lagi. Pas USG dua hari sebelum puasa Ramadan, dia lagi nungging kayak orang lagi sujud gitu. Eeeh … kemarin dia lagi bobok miring menghadap ke depan. Jadinya mukanya bisa terlihat di layar monitor. Kedua tangannya mengapit kepala, sedangkan kakinya lurus ke atas di depan badannya gitu. Tiap saya menghela nafas, si dedek gerak-gerak. Lucuuuuu!! Gemes banget jadinya. Pengen nguwel-uwel. Kata dokter, beratnya masih mungil, baru 170 gram. Kecil banget, belum ada 2 ons. Pas saya nanya jenis kelaminnya udah kelihatan belum, dokternya terus menggerak-gerakkan alat buat USG sambil bilang ke dedek biar dia mau membuka kakinya. Hihihi … tapi si dedek nggak mau membuka kakinya. Kata dokter, kelaminnya belum kelihatan, ukuran dedek masih kecil katanya. Hmm … baiklah dokter. Semoga bulan depan habis Lebaran pas USG lagi, kelaminnya si dedek udah kelihatan. Berat badan si dedek semoga juga naiknya banyak.
Oya, lagi. Udah hampir dua minggu ini gerakan dedek di dalam perut udah mulai kerasa. Tapi gerakannya masih halus, belum kerasa gronjal-gronjal gitu. Kalau saya merasakan, kayaknya dia itu gerak-geraknya di seputar puser saya. Ngupleeeek di situ terus. Nggak tahu deh dedek lagi main apa. Hehehe … Kalau udah empat jam maem dan saya belum maem lagi, dia bakal gerak-gerak di seputar puser saya. Berbarengan dengan dia gerak-gerak, saya mulai mual, kepala mulai pusing. Dan itu tandanya adalah si dedek minta dimaemi. Kalau udah habis maem, mual dan pusingnya masih kerasa. Tapi sekitar 30 menit kemudian, mual dan pusingnya hilang. Dan gerakan dedek di dalam perut juga gak kerasa lagi. Ntar kalau udah empat jam lagi, kayak gitu lagi diulangi. Hohoho … hamil emang mengagumkan. Adaaaaa aja pengalaman seru dengan si baby di dalam kandungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar