Selasa, 02 Agustus 2011

Akhirnya Bumil Belum Bisa Puasa

Siang-siang di kantor nggak ada kerjaan enaknya ngapain ya? Hmmm … nulis blog aja dweh. Hari Sabtu tanggal 30 Juli kemarin akhirnya saya periksa ke dokter kandungan. Alhamdulillah si kecil di dalam perut tumbuh sehat. Masih kecil sih, tapi bentuknya udah lebih mirip kayak bayi yang baru lahir. Pas lagi di-USG, si dedek lagi nungging kayak lagi posisi sujud. Tulang belakang dan tulang-tulang rusuknya udah kebentuk. Perutnya agak endut gitu. Posisi kepala dan tangannya ada di sisi kiri perut saya, sedangkan pantat sama kakinya ada di bagian kanan perut saya.

Kata dokter, bayi saya tumbuh normal dan insya Allah sehat. Karena saya punya misi konsultasi buat siap-siap puasa di bulan Ramadan ini, saya dan suami pun akhirnya nanya-nanya soal boleh tidaknya saya puasa. Kata dokter, saya boleh puasa asalkan udah nggak ada keluhan mual, muntah, dan pusing. Kalau masih ada keluhan, jangan dipaksain ikut puasa. Kalau udah nggak ada keluhan, saya boleh puasa. Tapi dengan catatan, dokternya mewanti-wanti agar kalau perut saya udah ngintir-intir minta diisi plus mual pusing sama lemes, saya harus membatalkan puasa. Dokter mewanti-wanti agar saya nggak memaksakan diri ikut puasa. Oke deh … saya pegang pesan dokter.

Pas sahur pertama, kebetulan saya dan suami sedang pulang ke rumah orang tua saya di Jogja. Saya ikutan sahur bareng suami, ibu, dan bapak saya. Saya lengkapi sahurnya dengan minum susu hamil. Tapi, olalalaaaa … kenapa perut saya? Sekitar jam 8 pagi udah kruyuk-kruyuk gitu kayak kelaperan. Tapi saya tetep cuek aja dan tetep melanjutkan puasa. Sekitar jam 13.20 siang, saya dan suami balik lagi ke Solo. Kami naik bis sampai Pojok Beteng Wetan Jogja. Tapi baru sampai Bantul, perut saya makin perih kayak diiris-iris campur mual-mual sama pusing yang nyut-nyutan. Saya berkali-kali mengubah posisi duduk dan menarik nafas dalam-dalam biar keluhan-keluhan itu hilang. Tapi, bukannya hilang, justru malah makin kerasa. Baru masuk Jogja kota, saya udah pengin muntah aja bawaannya. Tapi bisa ditahan. Sesampainya di Pojok Beteng Wetan, kami ganti bis Jalur 2 sampai di belakang hotel Inna Garuda. Tapi lagi-lagi di bis Jalur 2 ini, saya merasakan keluhan-keluhan yang sama. Pas turun di belakang Inna Garuda, saya udah lemes banget buat jalan ke Stasiun Tugu. Jalannya sampe kayak semut saking lemesnya.

Kasihan ngelihat saya udah keringetan dingin, suami saya minta saya membatalkan puasa. Saya juga ngerasa kayaknya mesti makan. Soalnya si bebi di dalam perut nggak berhenti gerak-gerak terus. Dan ya sudahlah … habis beli tiket, saya langsung beli es teh manis dan burger di stasiun. Haduuuhhh … sebenernya berat mau membatalkan puasa, tinggal beberapa jam lagi udah buka puasa. Tapi ini perut udah kayak gini, saya udah lemes banget. Setelah minta maaf dan permisi sama yang duduk di sekitar saya, udah deh saya langsung makan dan minum. Habis makan, belum ada tanda-tanda saya baikan. Saya tunggu sambil duduk di ruang tunggu. Sekitar 30 menit kemudian, baru deh sedikit berkurang. Si bebi juga udah nggak gerak-gerak lagi. Alhamdulillah ….

Tapi, pas saya di dalem kereta, baru nyampai Delanggu, perut udah kembali melilit-lilit campur-campur sama mual dan pusing kayak pas di dalem bis. Haduuuh … kenapa lagi ini? Gitu pikir saya. Nyampai di Stasiun Purwosari udah jam 17.35. Saya dan suami buru-buru ngambil sepeda motor di parkiran. Niatnya mau buka puasa di warung makan nggak jauh dari rumah. Soalnya jelas nggak mungkin banget masak sendiri di rumah. Tapi, baru sampai di depan Goro Pabelan, adzan magrib udah terdengar. Ya udah deh … asal nemu tempat makan aja kalau gini. Tapiiiii … nyampai hampir sampai rumah, semua warung makan bener-bener full. Aduuuh … trus mau buka puasa di mana nih kalau gini? Akhirnya nemulah sebuah warung sea food yang belum banyak pembeli. Alhamdulillah … suami saya buka puasa. Legaaaaa. Haus banget katanya. Saya juga lega soalnya bisa makan nasi, ngisi perut yang udah kruyuk-kruyuk melulu dari pagi minta diisi.

Hmmm … mungkin perut saya masih kaget atau apa kali ya? Soalnya, sebelum puasa, perut saya udah harus diisi nasi setiap 4 jam sekali. Kalau nggak diisi nasi setiap 4 jam sekali, saya tambah mual-mual sama pusing nggak karu-karuan. Trus pas puasa hari pertama itu, makan sahurnya jam 4 kurang dan baru keisi makanan lagi jam 3 sore pakai burger.

Kemarin habis nemenin suami buka puasa pertama dan Shalat Magrib, saya minum vitamin dari dokter. Tapi ya Allah … perut langsung bergolak nggak karu-karuan. Ya udah deh … muntah. Semua yang dimakan balik lagi. Lemeeeeeessss ….

Suami bilang agar di hari kedua puasa, saya nggak nekad ikut puasa. Tapi saya tetep nekad ikut puasa. Habisnya aneh kalau saya nggak ikut puasa. Tapi, habis Subuh, saya mual-mual sama pusing. Akhirnya ya udah deh … muntah-muntah lagi sampe lemes. Suami bilang lagi agar saya nggak nekad. Tapi saya tetep masih nekad puasa. Tapi pas berangkat kerja, saya udah lemes gemeteran. Perut udah periiiiiiiiiiih banget. Akhirnya …. jam 8.25 pagi batal lagi puasanya. Minum air putih sama roti dibelikan suami. Huuuffftt … dua hari pertama di bulan Ramadan nggak jadi ikut puasa. Hmm … kapan bisa ikut puasa ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar