Rabu, 10 Agustus 2011

Ramadan Tahun Ini Nggak Boros Lagi


Bulan Ramadan tahun ini si calon emak yang juga manajer dalam rumah tangganya ini bisa berlega hati. Soalnya, setelah dihitung-hitung dan dibanding-bandingin sama Ramadan tahun kemarin, pengeluaran selama bulan Ramadan tahun ini jauh lebih irit dibandingkan dengan tahun kemarin (untuk 9 hari pertama Ramadan). Alhasil, si calon emak nggak terlalu cekut-cekut mikirin gimana kelangsungan hidup keluarga kecilnya. Hihihihi … kayak apaaaa ajah!

Bulan Ramadan tahun kemarin, sejak hari pertama sahur dan buka puasa, si calon emak alias saya (hehe …) dan suami selalu beli maem di luar. Istilahnya jajan gitu deh. Untuk sahur, kami rutin menanak nasi. Sementara lauknya beli di luar, kadang sekalian pas beli lauk buat buka dan kadang jam 2 dinihari terpaksa brom … brom … ngeluarin motor buat beli lauk di warung-warung makan nggak jauh dari rumah. Nah … ini nih yang paling bikin kami tekor. Setiap kali buka puasa, hampir setiap hari kami makan di luar. Kadang makan di warung nasi goreng yang nasi gorengnya jadi favorit saya, kadang makan di warung lesehan ayam bakar, dan seringnya kami makan di rumah makan penyetan. Hmmm … tempe penyet, telur penyet, dan kakap goreng adalah menu favorit kami. Udah gitu, nggak tanggung-tanggung kami pun pesan es teh manis bergelas-gelas sekaligus. Hmmm … kalau ini sih namanya kemaruk! Hohoho … Gimana pengeluarannya nggak bengkak kalau selama bulan Ramadan gitu terus. Tapi … bulan puasa tahun kemarin kan puasa pertama kami berdua barengan. Jadi kayak semacam selebrasi lagi seneng-senengnya gitu berdua-duaan sahur dan buka puasa (ngeles.com).
Nah, untuk bulan Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun kemarin. Sejak hari pertama puasa, hanya dua kali aja kami makan di luar. Yaitu buka puasa pertama pas baru nyampai dari Jogja habis pulang ke rumah orang tua saya. Kami terpaksa buka puasa di luar karena bedug Magribnya udah berkumandang pas kami baru nyampai di jalan. Jajan yang kedua pas buka puasa hari keenam Ramadan. Kami buka puasa di luar karena waktu itu saya ada acara sampai Magrib dan nggak mungkin bisa masak buat buka. Selain kedua momen itu, saya selalu masak. Selain itu, nggak seperti tahun kemarin dimana suami saya melewatkan buka puasa rutin di kantornya selama bulan puasa full, tahun ini dia kembali ikut buka puasa rutin di kantornya. Saya bilang sama suami, tahun ini dia nggak boleh bolos ikut buka puasa rutin di kantor. Kalau bolos, artinya dia telat masuk kantor. Juga artinya nggak ikut rapat redaksi.
Jadilah tahun ini setiap petang, saya makan sendirian di rumah. Sementara suami buka puasa bareng temen-temennya di kantor. Tapi dengan begitu, saya juga nyantai. Soalnya, karena saya belum bisa ikut puasa, saya jadi bisa fleksibel kapan mau masak. Nggak kepikiran punya tanggungan harus masak buat buka puasanya suami. Kadang masaknya pas sore hari jam 5an sore dan kadang malam baru masak. Yang penting ntar pas sahur udah ada nasi dan lauk pauk.
Karena bulan Ramadan tahun ini kami jarang jajan di luar, jadilah pengeluaran selama bulan puasa tahun ini nggak sebesar tahun kemarin. Kalau kemarin, haduuuuhhh … ampun-ampunan deh. Kalau diinget-inget jadi sayang banget kok tahun kemarin royal banget ngeluarin duit. Kalau puasa tahun ini, mendingan ditabung aja deh duitnya buat siap-siap Lebaran. Atau buat nambahin modal dagang mete. Atau buat siap-siap lahirannya dedek Januari 2012. Hihihi … masih lama tapi nggak ada salahnya siap-siapnya dari sekarang. Yang jelas, alokasi uang kami pada bulan Ramadan tahun ini nggak banyak kesedot untuk makan sahur dan buka puasa. Alhamdulillah bisa ngirit. Seneng deh rasanya. Cukup sudah borosnya dihabisin tahun kemarin. Mulai tahun ini, harus ngirit. Nggak boleh lagi asal ngeluarin duit, apalagi buat foya-foya. Harus inget anak, juga inget masa depan. :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar