Rabu, 10 Agustus 2011

Serunya Mulai Merintis Usaha


Sejak beberapa hari terakhir ini, si akang punya kesibukan baru (lagi) di siang hari. Jadi, tiap siang hari, puasanya nggak cuma kebanyakan tidur aja. Tapi ada aktivitas lain. Sejak kami memulai bisnisan mete lagi, hampir setiap hari suami saya pergi ke kantor jasa pengiriman barang untuk memaketkan mete-mete pesanan pelanggan di berbagai kota dan juga pulau. Kadang dia membawa banyak paketan dan kadang hanya sedikit. 

Seperti tahun kemarin, puasa tahun ini suami saya banyak beraktivitas di luar saat siang hari. Yaa … meskipun panas terik menyengat kulit dan bikin kerongkongan cepat kering karena sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan, tapi tetep aja aktivitas ini harus dilakukan. Demi merintis bisnis, apapun dilakukan. Daripada kebanyakan tidur di rumah, lebih baik terus bekerja menghasilkan uang untuk keluarga.
Sebenernya kasihan melihatnya panas-panasan naik motor nganterin paketan. Mana tempat pengiriman barang itu lumayan jauh dari rumah, sekitar 25 menit perjalanan. Maunya mbantuin atau nemenin nganterin paketan. Tapi apalah daya, saya kerja. Selain itu, suami udah wanti-wanti, saya nggak boleh ikut nganter paketan, nggak boleh ikut angkat-angkat yang berat-berat. Suami bilang, tugas saya cuma mempromosikan dagangan, nerima order, bikin pembukuan transaksi, dan menuliskan alamat pengiriman pada paketan-paketan yang akan dikirimkan. Selain itu, saya nggak boleh ngapa-ngapain lagi. Huuffft … ya udah. Cuma bisa menatap sedih ngelihat suami panas-panasan motoran nganterin paketan. Belahan jiwakuuuu … :-(
Kalau saya tanya, “Kakak kepanasan, ya? Haus, ya?” Suami saya cuma menjawab, “Iya, panas. Tapi nggak haus.” Padahal ntar kalau dia udah buka puasa, baru deh ngirim SMS ke saya bilang gini, “Alhamdulillah, akhirnya buka puasa juga. Seharian kepanasan, haus.” Tapi kalau besokannya pas habis nganterin paketan lagi dan saya tanya haus banget apa enggak, dia menjawab nggak haus. Biasa aja katanya. Padahal saya tahu, dia sebenernya haus banget. Suamiku … suamiku ….
Beberapa kali saya bilang sama suami, “Yang, suatu saat nanti kalau kita udah sukses, udah mapan, kita akan mengingat ini semua sebagai perjuangan manis kita berdua. Perjuangan untuk meraih sukses dan sejahtera. Siang-siang panas-panas, pas puasa Ramadan pula, ke sana kemari nganter-nganterin pesenan dagangan, ngangkutin kardus-kardus berisi dagangan. Sekarang mungkin kita merasa ini melelahkan, tapi suatu saat nanti kalau kita udah sukses, kita akan merasakan bahwa apa yang sekarang ini kita lalui adalah sebuah perjuangan yang mengasyikkan. Nanti kita nggak akan lagi merasakan bahwa ini melelahkan, tapi hanya biasa-biasa aja.” Dan suami saya menjawab perkataan saya itu dengan anggukan kepala dan senyuman teduhnya. “Iya, betul. Ini hanya sementara. Insya Allah,” katanya yakin. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar