Kamis, 24 Mei 2012

Aufa Habis ASIP 100 ml dalam Satu Kali Minum


Ini adalah kali pertama saya merasa shock luar biasa setelah tahu apa yang terjadi dengan ASI perah saya di rumah. Satu jam setelah saya pergi kerja, suami saya mengabarkan kalau Aufa habis ASI perah sebanyak 100 ml dalam sekali tenggak! Once again, sekali tenggak! Saya benar-benar dibuat pingsan dengan kabar itu. Kalau 100 ml itu habis dalam sekali tenggak, lah … dalam sehari selama saya tinggal kerja, bakal habis berapa ml tuh? Kan Aufa sering banget tuh mimiknya. 
Biasanya, Aufa menghabiskan 100 ml dalam 2 atau 3 kali minum. Tapi iniiiiii … satu kali minum? Oh oh oh … Naaaak … Nak, Ibumu ini merahnya pethenthengan hasilnya baru dikit, kamu minumnya banyak banget ya dalam sekali minum? 100 ml itu Ibu perah dalam waktu 30 menit setelah nampung 5 jam lho. Eeeh … ternyata kamu jauuuuh lebih cepat ngabisinnya. Hmm … #emaknya langsung cenut-cenut mikir caya gimana biar produksi ASInya bertambah#
Sejak awal menjadi Ibu dan sadar bahwa tak lama setelah Aufa lahir, saya mesti balik kerja lagi, saya udah siap-siap mental sebenernya kalau-kalau Aufa minumnya ternyata banyak banget. Rumus kebutuhan minum harian bayi BB x 150 ml itu saya inget betul-betul. Itu saya jadikan salah satu motivasi untuk rajin memerah dan memompa ASI. Tapiii … setelah kayak gini, saya masih shock juga ternyata. Acara siap-siap mentalnya nggak berhasil rupanya.
Hmmm … baiklah kalau begitu. Mari diingat lagi kira-kira kebutuhan minum hariannya Aufa saat ini berapa. Tapiiii … BB-nya Aufa sekarang berapa ya? Udah 3 minggu belum nimbang. Hmm … baiklah, dikira-kira aja. Kalau 3 minggu lalu pas terakhir nimbang, BB-nya 6 kg, hmm … sekarang mungkin 7 kg. #kira-kira aja sih, soalnya nggak tahu# Berarti kebutuhan minumnya sekitar 7 x 150 ml = 1.050 ml.
Tarraa … 1.050 ml? Kebutuhan minum itu nggak kita kasih semua pakai ASI perah. Yang paling utama justru langsung dari gentongnya. Dan yang langsung dari gentongnya ini, kita nggak tahu berapa banyak. Soalnya kan kita nggak bisa ngelihat ya? Tapi, sepertinya saya perlu mengira-ira lagi kebutuhan ASI perah buat Aufa saat ini setiap harinya. Berapa yaaa? Berapa? Berapa?
Yang pasti, harus nambah nih stoknya. So, PR-nya, lagi lagi lagi dan lagi buat merah merah merah ASI! Semogaaaa setiap hari bisa merah 8 kali. #idealnya begitu kan ya kalau nggak salah?#  Aamiin … :-) Sekarang yang rutin baru 4 kali merah, yaitu pagi, siang, sore, dan malam sekitar jam 10 atau 11 malam. Baiklaaaahh … punya PR buat nambah jadwal merah 4 kali lagi dalam sehari.
Siap tempur, Mama Perah!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar