Jumat, 27 April 2012

Aufa Nggak Mau Lagi Bobokan


Siang ini, pas pulang ke rumah buat nganter ASI perah plus juga nyusuin, saya senaaaaaaang sekali. Gara-garanya, Aufa kecil udah makin pinter aja buat belajar tengkurep. Horeeee!!! #plok plok plooook#  Aufa makin pinter, kemampuan motoriknya semakin bertambah.

Hari ini, umurnya tepat 89 hari. Yuhuuu … besok umurnya 90 hari. Tadi pas pulang, saya nyusuin dia. As like usually, nyusuinnya sambil bobokan yang jadi posisi favoritnya (dan juga emaknya :-D). Saya bobokan miring menghadap dia, dan dia pun juga bobokan miring menghadap saya (ya iyyaaalaaah … masak miringnya punggung-punggungan! aneh-aneh aja sih nih emak). Awal-awal nenen, dia miring aja kayak biasa gitu. Nah, pas dia mungkin udah kerasa kenyang, mulai deh tuh kepalanya nyungsep-nyungsep ke bawah ke arah ketek emaknya. Enggak tahu juga sih, dia nyungsep-nyungsep gitu tadinya pengin ngapain. Entah kalau ternyata dia pengin nyiumin ketek emaknya (yang wangi ^_^).
Sambil kepalanya nyungsep-nyungsep gitu, bahunya digerak-gerakin gitu ke arah bawah, begitu juga kakinya juga digerak-gerakin pengin tengkurep. Karena saya ngerasa dia udah kenyang (dengan tanda-tanda kepalanya yang disungsep-sungsepin ), saya copot aja nenen dari mulutnya. Saya bangun, duduk, dan ngelihat dia yang sedang terus berusaha buat tengkurep. Hup hap hup hap … sampe ngeden kayaknya dia, pengin tengkurep. Tapi, sampai lama, dia nggak bisa juga tengkurep. Akhirnya, saya tengkurepkan dia, pengin lihat apa dia udah tambah jago ngangkat kepalanya. Tapi pas udah tengkurep, dia malah nyender aja di kasur, nggak mau ngangkat kepalanya. Akhirnya saya telentangin lagi. Eeeeh … habis itu kok dia gerak-gerak lagi nyungsep-nyungsep gitu pengin tengkurep lagi.
Saya dan suami melihat itu dengan hati riang. Gimana nggak seneng kalau anak makin hari makin tambah kemampuan motoriknya. Sejak awal pekan ini, Aufa memang udah semakin getol nyungsep-nyungsep pengin tengkurep. Tapi, semangatnya itu tambah getol aja sejak kemarin. Itu menurut pengamatan saya yang notabene nggak all the time bersama dia.
Sejak akhir pekan kemarin, Aufa juga makin punya mau aja. Dia seringnya kalau melek, nggak mau lama-lama bobokan. Maunya digendong, tapi bukan sembarang gendong. Maunya diberdirikan di depan dada. Atau kalau enggak gitu, kayak posisi duduk gitu di depan badan kita. Kalau pekan kemarin, dia masih mau sering bobokan sambil main-main, di akhir pekan, dia udah nggak mau lama-lama bobokan.
Kalau dibobokin, dia merengek-rengek. Tangan dan kakinya diangkat tinggi-tinggi sambil ditendang-tendangkan. Nah, kalau badannya udah diangkat, dia ketawa-ketawa tuh. Kalau habis itu diberdirikan di depan dada, tambah lebar deh ketawanya, pakai jerit-jerit segala. Kalau udah gitu, kepala diseruduk-serudukkan ke arah luar rumah atau ke arah yang banyak cahaya. Tangannya pun juga menggapai-nggapai ke arah yang banyak cahaya. Alamat nih, dia ngajak ke situ, ke arah kepala dan tangannya nunjuk-nunjuk. Nah, kalau udah sampai di tempat yang dia maksud, lebaaaaaar banget mulutnya. Ketawa girang sambil jerit-jerit. Hmmm … Naaaak, Nak, makin pintaaaar aja.
Pekan ini, saya dan suami nyantai ngurus Aufa, ada mbah uti Jogja di rumah soalnya. Tapi, Sabtu besok, mbah uti mau pulang. Nah, ini nih yang bikin saya dan suami menghitung waktu. Suami udah bilang, “Wah, mulai Senin bakal repot nih ngurus kakak. Di rumah sendirian, kakak udah makin emoh dibobokin.” Saya sebagai emaknya pun juga mulai kasihan dengan suami. Pasti nanti dia bakal capek. Bakal banyak menggendong Aufa seharian selama saya tinggal kerja.
Sejak dia suka digendong di depan dada, rewelnya udah nggak lagi didominasi karena haus. Tapi, yang pertama bikin rewel adalah karena dia nggak mau dibobokin, tapi maunya digendong didepan dada, trus diajak jalan-jalan, dan nggak mau berhenti . #ngusap leleran peluh di jidat#  Yang bikin rewel kedua adalah dia kegerahan. Dan yang ketiga, karena ngantuk. Baru deh yang keempat karena dia haus atau laper.
Hmmm … gimana ya enaknyaaa?? Kasihan suami sendirian aja ngurus kakak di rumah. Pasti bakal capek banget. Mana dia belum jago nggendong pakai jarik ataupun gendongan yang udah jadi. Gimana yaaaaa?? Si emak lagi galau, nih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar