Minggu, 01 April 2012

40 Weeks : Bayiku Belum Lahir


Meng-up load tulisan yang dulu sempat gagal ter-up load. Catatan yang ditulis akhir Januari lalu. Tak apalah di-up load sekarang... :-D

Deg-degan euy rasanya! Udah masuk HPL si kakak nih. Tapi, kok kayaknya kakak masih betaaaah aja di dalem perut emaknya ya? Padahal, emak sama bapaknya udah berharap dia cepetan lahir ke dunia dengan sehat, selamat, normal, dengan cara yang normal pula. Nggak cuma emak dan bapaknya aja sih, tapi embah-embahnya, juga pakdhe budhenya pun juga udah nggak sabar nunggu kakak cepet lahir. Tapi, sampai HLPnya si kakak, yang kerasa baru mules-mules kecil aja, kontraksi palsu gitu.

Sejak hari Sabtu pagi tanggal 21 Januari kemarin atau tepat di minggu ke-40, kontraksi palsu udah makin sering kerasa. Dan tingkat mulasnya pun juga udah semakin kenceng. Di hari Minggu keesokan harinya, mules-mulesnya juga makin kerasa. Tapi, mules yang bener-bener sebagai tanda mau melahirkan, belum kerasa. Padahal, pinggang dan pantat udah kerasa pegel-pegel. Perut bagian bawah juga makin kenceng aja rasanya. Apalagi kalau dibawa buat jalan kaki, hmmm … makiiiiin kerasa kenceng-kenceng.
Sebenernya, saya pengin banget jalan kaki. Tapi, sejak hari Kamis malam kemarin, suami saya sakit. Jadilah sejak hari Jumat, nggak jalan-jalan. Padahal pengin banget jalan-jalan buat melancarkan lahiran nanti, biar bayinya cepet turun. Mau jalan-jalan, tapi ninggalin suami yang terbaring di tempat tidur dalam kondisi demam tinggi, aduuuhh … rasanya nggak tega. Daaaaan, alangkah sedihnya saya. Setelah hampir dua hari nungguin suami, saya jadi ketularan. Sejak Sabtu sore, saya juga demam tinggi, kepala pusing tak karu-karuan. Akhirnya, kami berdua cuma bisa gulang-guling di tempat tidur tapi nggak bisa memejamkan mata. Ya gimana lagi, dua-duanya dalam kondisi demam dan kepala pusiiiiiiiiiing. :-(
Kalau suami sih bisa minum obat buat menyembuhkan demam dan pusingnya. Tapi saya, hmmm … ntar dulu. Meskipun yaaah … akhirnya tadi pagi, setelah saya dua malam menderita pusing-pusing dan demam, suami saya mengirim SMS kepada dokter kandungan saya konsultasi tentang demam dan pusing-pusing yang saya derita. Dan akhirnya, suami saya disarankan untuk membeli obat tertentu di apotik yang bisa saya konsumsi.
Semoga lekas sembuh. Sedih rasanya di hari-hari mendekati persalinan begini, suami dan terutama saya, malah sakit. Kalau pas saya lahiran, saya masih demam, pusing, dan flu dengan hidung meler-meler, ntar gimana dengan my baby? Kalau ketularan gimana? Aduuuh … semoga nggak kejadian. Semoga kalau pas lahiran, saya udah sembuh sakitnya, termasuk meler-melernya udah nggak lagi. Aamiin …
Oya, di minggu ke-39 kemarin, saya kembali cek kandungan. Alhamdulillah … ada perkembangan. Sekecil apapun, tetep harus disyukuri kan? Kalau di minggu ke-38, posisi kepala janin agak serong ke kanan, kemarin pas di minggu ke-39, posisi kepala janin udah mulai masuk ke panggul meskipun masih agak goyah. Setelah periksa di minggu ke-39, ikhtiar tetep saya lakukan. Ya senam hamil, ya rajin nungging, juga jalan kaki. Semoga saya tetap bisa melahirkan secara normal, nggak pakai caesar.
Cuman, agak sedihnya ya sejak hari Jumat kemarin, saya nggak bisa senam hamil dan jalan kaki. Ditambah lagi sejak Sabtu sore saat saya mulai demam, saya tambah nggak bisa nungging. Gimana mau nungging kalau kepala saya pusing dan berat. Kalau pas sujud saat shalat, kepala saya serasa ditekan beban berton-ton. Beraaaaaat banget. Hiks … sedih. Ikhtiar terpaksa libur selama hampir 4 hari ini. :-(
Saat cek kandungan di minggu ke-39, dokter kandungan saya meminta agar saya balik cek kandungan lagi di minggu ke-40 jika di minggu ke-40 itu, bayi saya belum lahir. Dokter meminta saya cek kandungan hari Selasa, 24 Januari besok atau 40 weeks plus 3 hari. Harusnya hari Senin sih. Tapi, karena hari Senin adalah libur nasional, jadilah diminta ke sana hari Selasa. Semoga sebelum cek kandungan, saya udah lahiran ya? Hehehe …
Oya, akhirnya saya pindah dokter kandungan. Sejak kejadian di minggu ke-38 saat saya diminta segera caesar di minggu tersebut oleh dokter kandungan saya yang sebelumnya, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk kembali pada dokter kandungan yang dulu menangani operasi endometriosis saya. Weeiiiss … saya dan suami udah madep mantep sama dokter kandungan yang menangani operasi endometriosis saya itu. Dokternya laki-laki tak apa. Yang penting, kami sebagai pasien mendapatkan kenyamanan dan kemantapan pelayanan. Bukannya dokter yang pertama nggak bikin nyaman dan mantap ya? Tapi, bagi kami, pada dokter yang menangani endometriosis saya dulu, kami mendapatkan kenyamanan dan kemantapan yang lebih.
Awalnya, saat saya hamil, kami berdua memilih berkonsultasi pada dokter kandungan yang perempuan. Biar lebih enak dan nyaman aja, karena ditangani oleh sesama perempuan. Tapi, yaaaa … mungkin saya dan suami memang sejatinya sudah menemukan kecocokan pada dokter kandungan yang dulu menangani endomtriosis saya. Dokternya laki-laki, tapi pelayanan serta konsultasinya enak dan sangat nyaman.
Hmmm … well, semoga persalinan berjalan lancar, mudah, cepat, dan normal. Dan alangkah bahagianya saya jika semisal nanti malam, kakak lahir. Aamiin … :-) Udah 40 minggu plus 2 hari soalnya.

1 komentar:

  1. Bun ahirnya bunda lahiran di usia kandungan brp bun??
    Saya sudah 40 minggu lewat 1 hari nih tapi belum ada tanda2 akan melahirkan, padahal bidan saya udah nyuruh saya untuk induksi aja.

    BalasHapus