Minggu, 20 Februari 2011

Gagal Nonton Sekaten

Hari Selasa tanggal 15 Februari kemarin adalah salah satu hari istimewa dalam Islam. Karena menurut kalender hijriyah, hari itu tepat tanggal 12 Rabiul Awal 1432 H, yaitu peringatan Maulid Nabi Muhammad saw. Tapi, cerita kali ini nggak jadi istimewa seperti istimewanya hari Selasa kemarin. Hhhhfffttt ... :-(

Karena Selasa kemarin saya libur nggak masuk kerja, suami ngajak dateng ke resepsi nikahan temen sekantornya yang diadakan di sebuah gedung di Jalan Slamet Riyadi, nggak jauh dari kantor suami saya. Dan karena hari itu ada perayaan sekaten di kompleks Keraton Solo, sejak dari rumah, kami berencana mau jalan-jalan ke sana. Sekalian ngisi hari libur, nggak cuma keluar rumah buat dateng ke resepsian aja.

Saya juga kangen sama dulu waktu saya kecil. Tiap ada perayaan sekaten di Keraton Jogja, ibu bapak ngajak saya dan adik saya jalan-jalan nonton sekaten. Hmm ... mungkin terakhir kali saya nonton sekaten saat saya masih SMP dulu. Kalau dihitung-hitung mungkin udah 13 tahun nggak lihat sekaten. Jadinya, kemarin saya semangat banget pas bikin rencana jalan-jalan nonton sekaten. Buat ngobatin kangen masa-masa kecil dulu. ^_^

Acara resepsi nikahannya selesai sekitar jam 12 siang, dan kami langsung meluncur ke Mesjid Agung Solo. Tapi, baru sampai di perempatan Nonongan, Jalan Slamet Riyadi udah macet. Mana tukang parkirnya seenaknya aja nata mobil-mobil yang diparkir di badan jalan. Dan nggak tanggung-tanggung, sepertiga jalanan dipakai buat area parkir. Beuuuhhhhh ... bikin nggak nyaman aja! Mbok ya kalau nata kendaraan jangan di tengah jalan gitu. Udah tahu arus lalu lintasnya padat, eeehhh ... malah jalannya dipenuhi kendaraan yang diparkir. Sabaaaaarrr .... sabar!

Pas kami nyampai kawasan Gladak, jalanan udah maceeeeettt. Akhirnya kami memilih langsung belok kanan masuk ke jalan di sebelah barat gedung Bank BCA. Dan, Saudara-saudara ... ternyata jalan itu juga teteeeepp aja penuh kendaraan yang diparkir. :-(

Walhasil ... kami cuma jalan pelaaaaaan ... pelaaaaaan karena saking banyaknya sepeda motor yang diparkir. Belum lagi sisa jalan yang nggak dipakai buat parkir dipenuhi kendaraan yang lalu-lalang dua arah.

Karena jalanan udah macet dan kami udah susah bergerak, mau maju susah dan mau balik jelas nggak bisa, kami mau parkir di sebelah selatan Pasar Cinderamata. Tapi, karena parkirnya penuh banget dan khawatir kalau entar kendaraan ilang karena saking banyaknya sepeda motor yang diparkir, kami memilih belok kanan dan masuk ke area Mesjid Agung dari arah utara. Tapi, masya Allah ... sampai di dalem ternyata juga sama aja dengan di luar. Pedagang asongan ada di mana-mana, parkir kendaraan penuh, lapak-lapak pedagang bakso, soto, dan macem-macem, semua ada di situ. Belum lagi dengan berjubelnya orang-orang yang udah kayak cendol. Tumplek blek semuanya di halaman Mesjid Agung.

Saya tipikal orang yang nggak betah dan nggak nyaman dengan keramaian. Dengan suasana kayak gitu, kepala langsung pusing lihat banyaknya orang yang hilir mudik dan uyel-uyelan. Nggak nyaman banget, deh. Tanpa pikir panjang, saya bilang sama suami, nggak jadi nonton sekaten, deh. Udah cukup lihat orang segini banyaknya. Apalagi pas tengah hari, puanaasss menyengat. Ternyata suami saya ngalamin hal yang sama dengan saya, pusing lihat orang kayak cendol kayak gitu.

Ya, udah ... kami pun memutuskan segera cabut dari sana. Rencananya kami mau ke Balekambang buat ganti karena nggak jadi nonton sekaten. Tapi, karena pusing gara-gara lihat orang pada uyel-uyelan, saya ngajak pulang aja.

Pulang dari Mesjid Agung, kami memilih lewat jalan kampung di Kampung Kauman yang terkenal sebagai kampung batik. Menikmati jalan sempit di antara bangunan-bangunan tua. Kanan dan kiri banyak berjejer toko maupun outlet yang menjual batik. Suasana Jawa dan batik, terasa kental. Asyik banget suasananya. Bangunan-bangunan tua yang mungkin udah berusia seratusan tahun. Karena kampung tersebut emang udah jadi kampung batik sejak zaman dulu sebelum Indonesia merdeka, sejak Indonesia masih dijajah Belanda. Sama kayak kampung batik Laweyan yang juga udah ada sejak jauh sebelum Indonesia merdeka. Di sanalah, di kampung batik Kauman dan juga Laweyan, dahulu para saudagar-saudagar batik yang kaya raya memproduksi dan juga menjual batik. Dan sampai sekarang, produksi batik juga masih berjalan di sana.

Hmm ... nggak apa-apa, deh nggak jadi jalan-jalan nonton sekaten. Daripada uyel-uyelan ikut dalam lautan manusia kayak gitu. Nggak betaaaahhh. Yang penting hari itu bisa jalan-jalan sama suami, meskipun cuma dateng ke resepsian pernikahan trus muter-muter kota sebentar.

2 komentar:

  1. Mbak Matris,,,habis liburan ya,,,wah ...senangnya,

    BalasHapus
  2. hehehe...nggak liburan kok mbak
    cuman jalan2 mumpung libur tanggal merah
    hehehe...

    BalasHapus