Minggu, 13 Februari 2011

Resepsi Nikahan Seorang Teman

Pekan-pekan ini mungkin emang hari baik buat menikah kali, ya? Sini ada nikahan, situ ada nikahan, sana juga ada nikahan. Undangan resepsi pernikahan dari teman dan kerabat dari sini, situ, sana, sono, jadinya pada hilir mudik berdatangan. Hohoho … nggak segitunya, ding! Hehehe … lebay!

Hari Minggu kemarin, 13 Februari, saya menghadiri undangan pernikahan dari seorang teman di Boyolali. Undangannya jam 9 pagi. Dari rumah, saya dan suami berpikir, “Kok pagi banget undangannya, ya?” Karena biasanya undangan pernikahan berkisar antara jam 10 sampai jam 11, kami pun berangkat dari rumah jam 9.30 pagi menjelang siang. Kami pikir, sampai di tempat resepsian paling jam 10 alias yaaaahhh telat 30 menit. Soalnya, biasanya acara resepsi baru dimulai sekitar 30 menit dari jam yang tertera dalam undangan. Karena jarak dari rumah kami sampai Boyolali nggak terlalu jauh, kami pun santai aja. Sambil cuci mata gitu ceritanya. ^_^

Dan bener aja perkiraan kami. Kami sampai di tempat resepsi 30 menit kemudian. Tapi ada satu hal nih yang bikin agak kesel di jalan. Biasa lah … soal salah jalan. Suami saya dulu pernah mendapat tugas liputan di Boyolali selama beberapa bulan. Jadi, jalan-jalan di daerah Boyolali tentu nggak asing lagi.

Sesampai di depan Pasar Boyolali, suami saya tanya bener nggak ancer-ancernya Tugu Adipura belok kiri. Saya bilang iya. Belok kiri masuk ke Jalan Merbabu. Saya bilang ke suami, “Itu Tugu Adipuranya di depan. Kita belok kiri. Ini, nih bener jalannya. Belok kiri.” Tapiiiiii … suami saya malah bablas. Dia bilang kalau Jalan Merbabu bukan yang itu, tapi masih ke sonooooo lagi. “Tugu Adipuranya masih ke sana lagi, Ayang. Jalan Merbabunya juga masih sana,” katanya. Karena saya udah liat plang nama jalan dan tentu aja liat tugu yang sedemikian gedenya di tengah jalan, tentu aja saya bilang, “Bukan, Ayang, Jalan Merbabunya udah yang sana tadi.” Hhhh … kan tadi pas di depan pasar doi udah bilang sendiri kalau Tugu Adipuranya udah keliatan di depan. Ehhh … kok sekarang bilang Tugu Adipuranya masih di depan. (Padahal tugu yang dimaksud suami saya nggak tahu deh ada di mana, wong nggak keliatan. Yang ada ya tugu satu-satunya di situ yang saya liat tadi)

Trus, suami saya bilang, “Emang, tadi ada Tugu Adipura?” Hoaaaaaaaa!!!! Saya pengen teriak deh jadinya. Kan tadi doi udah bilang sendiri liat Tugu Adipura. Kok sekarang malah tanya, “Emang, tadi ada Tugu Adipura?” Hiiiiiihhhh … kesel, deh! Saya bilang aja, “Lha, kan tadi ada tugu di tengah jalan. Jalan Merbabunya juga ada di sana tadi. Plang jalannya juga gede gitu. Tadi juga udah dibilang, kita belok kiri. Kok malah bablas.”

Bukannya langsung belok, suami saya masih ngeyel aja nekad bablas lagi. Suami saya bilang kalau Jalan Merbabu sama Tugu Adipuranya bukan yang itu, tapi masih sonooooooo. (Kalau ini, saya lebay, hehehe ….)

Setelah bag bug bag bug adu jotos (nggak bangeeeeettt), baru deh suami saya belok, balik ke Tugu Adipura yang saya maksud, trus masuk ke Jalan Merbabu. Saya bilang, “Tuh, kan, bener ini jalannya.” Suami saya cuma bilang “hmmmm” aja. Irit banget. Sini kesel, sana hmmmm aja. Hmmm … nggak jadi jaminan deh meskipun dulu udah pernah liputan di Boyolali, tahu jalan-jalan di Boyolali.

Loh … kok kepanjangan sih cerita kesasar jalannya? Balik lagi ke topik semula. Sesampainya di tempat resepsi, ternyata oh ternyata akad nikahnya baru mau dimulai.  Alhamdulillah … seneng deh bisa liat akad nikahnya. Jadi inget waktu kami berdua menikah. Ijab qabulnya juga nunggu semua hadirin dateng, baru deh ijab qabul dengan disaksikan oleh segenap tamu yang hadir. Yang bilang “saaaahhhh” waktu ikrarnya selesai diucapkan, banyak. Yang doain juga banyak. Konsepnya sama dengan temen saya ini.

Tapi, pernikahan temen saya ini menurut saya unik. Karena calon suaminya bule, asalnya dari Inggris, ikrar ijab qabulnya pakai bahasa Inggris. Soalnya calon pengantin laki-lakinya nggak bisa ngomong pakai bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa Jawa, maupun bahasa Arab. Jadilah pak penghulunya juga pakai bahasa Inggris dengan logat Jawa yang kentaaaaalll banget. Jadinya lucu gitu. Para hadirin jadi pada senyum-senyum. Padahal kan lagi mau akad nikah, ya? Kok malah pada senyam-senyum. Trus lagi, kalau akadnya pakai bahasa Indonesia, begitu ikrarnya selesai, para hadirin kan langsung serempak bilang “saaaahhhh” gitu. Kalau ini, nggak. Para hadirin baru serempak bilang “saaaaahhh” setelah pak penghulunya mengklarifikasi kepada penerjemah bahasa apakah kata-kata ikrar yang diucapkan calon pengantin laki-laki udah bener. Baru deh pas pak penghulunya bilang, “Alhamdulillah kalau sudah benar”, para hadirin langsung serempak bilang “saaaahhhhh”. Tapi, tetep aja sambil pada ketawa. Hehehehe ….

Karena konsep pernikahannya memakai adat Jawa, jadilah bapak dan ibu dari pengantin laki-lakinya memakai pakaian adat Jawa. Orang tua pengantin ikut duduk di pelaminan, di samping kiri dan kanan pengantin. Mungkin berat kali ya si ibu bule makai sanggul? Soalnya keliatan banget dari raut mukanya. Belum lagi pakai kain jarik dan kebaya gitu. Si bapak bule juga nggak kalah ribet pakai pakaian adat Jawa.

Kayaknya mereka juga tersiksa karena harus duduk, berdiri, duduk, berdiri. Gitu terus. Ada tamu yang nyalamin pengantin dan foto bareng pengantinnya, mereka berdiri ikut nyalamin. Habis itu duduk lagi. Trus berdiri lagi kalau ada tamu yang maju lagi. Gituuuu terus. Mungkin mereka mikir, “Aduuuhhh … ribet banget ya adat di sini?”

Pas acara selesai dan pengantin dibawa keluar ke pintu depan gedung resepsi buat nyalamin para tamu yang mau pulang, orang tua pengantin juga ikut berdiri di samping pengantin. Mungkin si ibu bule dan bapak bule bingung mau ngomong apa kali ya pas nyalamin para tamu? Soalnya adat begituan nggak ada di Inggris sana. Jadilah mereka bilang “haaiiiii” atau “halooo” pas nyalamin para tamu. Para tamu yang salaman pun juga menjawab “haiiiii” atau “haloooo”. Lucunya …. ^_^

Tapi, saya salut dengan mereka. Meskipun mereka bukan orang Jawa, mereka mengikuti adat Jawa. Yaaaa … meskipun mungkin bingung mesti ngomong apa sama para tamu, juga harus bersikap gimana. Tapi, oke lah mereka. Senyum sumringah nggak pernah surut dari bibir mereka selama dipajang di depan maupun pas nyalamin tamu.

Hmmm … resepsi pernikahan yang unik … ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar