Rabu, 23 Februari 2011

Kenapa, Sih, Mesti Makan Bareng?

Saya dan suami saya adalah pasangan suami istri yang sama-sama bekerja di luar rumah. Jam kerja saya dimulai jam 8 pagi dan berakhir jam 4 sore. Biasanya, saya berangkat kerja jam 8 pagi kurang 15 menit dan sampai kantor pas jam 8 pagi. (ngepasi banget sama jam kantor, hehehe … ^_^).

Alhamdulillah … jarak antara rumah dengan kantor tidak terlalu jauh, cukup 15 menit naik sepeda motor. Trus biasanya saya sampai rumah sekitar jam setengah 5 sore. Kadang kurang dari jam setengah 5 sore, kadang lebih. Kalau sedang ada acara di luar atau ada kegiatan saya yang lain, saya baru sampai rumah jam 6 petang atau bahkan lebih. Otomatis, sebagian besar waktu saya di siang hari berada di luar rumah.

Sedangkan suami saya jam kerjanya berbeda jauh dengan saya. Suami berangkat kerja jam setengah 4 sore dan baru pulang malam hari. Paling cepet jam 9.30 malem baru sampai rumah. Tapi, biasanya suami baru sampai rumah jam 11 malem. Kalau lagi piket, pulangnya lebih malem lagi. Biasanya baru sampai rumah jam setengah 2 pagi atau jam 2 pagi. Pernah, suami pulang jam 4 pagi. Nyaris subuh bo’! :-( Yaahh … mungkin inilah salah satu risiko jadi wartawan dan istri wartawan. Pulangnya maleeeeemmm terus. Alhamdulillah sejak tiga tahun sebelum menikah, suami saya sudah nggak lagi di lapangan. Jadinya nggak harus liputan ke sana kemari.

Karena perbedaan jam kerja itulah, waktu ketemuan saya dan suami jadi sedikit. Ketemunya cuma bisa pas pagi sebelum saya berangkat kerja. Soalnya pas suami saya pulang kerja, seringnya saya udah tidur. Kalaupun bangun buat ‘menyambut’ suami yang baru pulang kerja, cuma sebentar. Itupun mata saya masih kriyip-kriyip karena nahan kantuk. Hoaheeemmm … langsung, deh terbang ke alam mimpi lagi. Zzz … zzz … zzz ….

Hmmm … makanya kami harus mencari jalan gimana biar waktu ketemuan kami nggak sesingkat itu. Pertama, sejak saya habis operasi, suami saya sangat berhati-hati melepas saya naik motor sendirian. Suami saya lebih merasa nyaman kalau saya diantar jemput kalau kerja. Jadilah saya lebih sering diantar jemput kalau kerja. Itu jadi salah satu jalan biar waktu kami bersama-sama lebih banyak.

Tapi, antar jemput ini ada risikonya. Suami saya harus hilir mudik antar jemput ke kantor saya dan ke kantornya sendiri yang jarak kantor kami berdua lumayan bikin capek badan. Udah kayak setrikaan aja deh suami saya, bolak-balik terus. Risiko lainnya adalah karena suami saya setiap sore harus rapat redaksi yang rapatnya baru dimulai jam 4 sore dan selesai jam 4.30 sore, otomatis saya mesti nunggu jemputan paling tidak 45 menit. Bikin bete, kan nunggu selama itu? Risiko lainnya adalah kadang suami saya terpaksa bolos atau telat ikut rapat demi menjemput istrinya terlebih dulu, baru kemudian berangkat kerja. Hhhh … gimana lagi, sepertinya suami saya lebih nyaman seperti itu. Duh … capek banget pasti. Love U sooooo much, honey!

Kadang saya juga nggak diantar jemput. Karena sejak sebelum menikah udah terbiasa pencilatan ke sana kemari, jadinya ngerasa aneh kalau kemana-mana diantar jemput. Jadilah kadang saya motoran sendiri ke kantor.

Berikutnya, cara biar waktu ketemuan kami lebih banyak adalah dengan mengusahakan makan bareng. Pagi hari pas sarapan, kami makan bersama di rumah atau di luar. Trus siang hari pas saya istirahat siang, biasanya suami saya nyamperin saya ke kantor buat makan siang bareng. Dengan makan siang bareng, waktu kami ketemuan jadi lebih sering dan lebih banyak. Nggak cuma pas pagi hari sebelum saya berangkat kerja. Soalnya kan kalau malem hari pas suami pulang kerja, seringnya saya udah bobok manis. Hehehehe …

Tapi, sekali lagi, ini juga ada risikonya lagi. Suami saya tambah kayak setrikaan jalanan! Mondar-mandir, bolak-balik. Hadeuuuuhhh … pasti capet banget deh badannya tiap hari kayak gitu mulu. Demi bisa ketemuan sama belahan jiwanya, jadi setrikaan jalanan pun dilakoni. Aku sangat mencintaimu, Suamiku Sayang!

Yaaahh … begitulah kalau jam kerja suami istri nggak kompak, mesti pinter-pinter nyari celah buat bareng-bareng lebih banyak dan lebih lama. ^_^

(akhirnya … janji pada diri sendiri buat nulis alasan kenapa saya dan suami saya selalu mengusahakan makan bareng, terpenuhi sudah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar